Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:09:39ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-12-08T06:50:50Z2019-01-30T12:09:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44394This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/443942016-12-08T06:50:50ZHUBUNGAN PENGETAHUAN SISWA TENTANG INFORMASI
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI OTOMOTIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
DI SMK NASIONAL BERBAHPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran empiris
pengetahuan siswa tentang informasi perkembangan teknologi otomotif siswa
SMK Nasional Berbah; (2) gambaran empiris motivasi belajar siswa SMK
Nasional Berbah; (3) hubungan pengetahuan siswa tentang informasi
perkembangan teknologi otomotif terhadap motivasi belajar siswa SMK Nasional
Berbah.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode
penelitian Ex Post Facto dengan subyek penelitian siswa kelas XI jurusan Teknik
Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah pada Tahun Ajaran 2014/2015 yang
berjumlah 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji coba
instrumen dilakukan di SMK Diponegoro Depok yang berjumlah 34 siswa dengan
hasil uji validitas dari 31 butir pernyatan dinyatakan 1 butir pernyataan dinyatakan
gugur atau tidak valid, sehingga hanya 30 butir pernyataan yang dipakai.
Sedangkan hasil uji reliabilitas pada variabel informsi perkembangan teknologi
otomotif sebesar 0,840 dan variabel motivasi belajar sebesar 0,815, nilai tersebut
lebih besar dari nilai Cronbach’s Alpha 0,600 maka jawaban responden
dinyatakan reliabel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) gambaran empiris pengetahuan
siswa tentang perkembangan teknologi otomotif siswa SMK Nasional Berbah
berada pada taraf cukup yaitu sebesar 91,86% dengan jumlah frekuensi siswa
sebanyak 79 dari 86 siswa; (2) gambaran empiris motivasi belajar siswa SMK
Nasional Berbah dalam tingkat cukup yaitu sebesar 80,2% dengan jumlah
frekuensi siswa sebanyak 69 dari 86 siswa; (3) hubungan pengetahuan siswa
tentang informasi perkembangan teknologi otomotif terhadap motivasi belajar
siswa SMK Nasional Berbah dinyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan,
hal tersebut ditunjukan dengan nilai rhitung lebih besar dari nilai rtabel. Nilai koefisien
korelasi sebesar 0,499 lebih besar daripada rtabel 0,213 (0,499 > 0,213). Koefisien
korelasi (r) menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan
yang menunjukan bahwa variabel pengetahuan siswa tentang informasi
perkembangan teknologi otomotif mempengaruhi motivasi belajar.
Kata kunci: Informasi Perkembangan Teknologi Otomotif, Motivasi BelajarMahardhika Anggun