Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T22:23:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-04-20T02:17:52Z2019-01-29T21:23:16Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/17029This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/170292015-04-20T02:17:52ZPENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA CERPEN DENGAN TEKNIK BRAINSTORM SHEET SISWA KELAS VII. A SMP NEGERI I KRETEK KABUPATEN BANTULTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca cerpen dengan teknik brainstorm sheet siswa kelas VII. A SMPN I Kretek.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. A SMPN I Kretek yang terlibat dalam proses pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan teknik brainstorm sheet. Objek penelitian ini adalah proses pembelajaran membaca cerpen dengan teknik brainstorm sheet. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu (1) teknik tes yang meliputi tes mengidentifikasi unsur intrinsik dan tes menceritakan kembali dan (2) teknik nontes yang meliputi observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis data dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut. (1) Teknik pembelajaran brainstorm sheet dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan membaca cerpen siswa kelas VII. A SMP Negeri I Kretek. Peningkatan tampak pada kualitas pembelajaran yakni dari keaktifan dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran, (2) peningkatan produk terlihat dari selalu meningkatnya nilai rata-rata yang diperoleh dari setiap siklus. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata kelas sebesar 67,09. Pada siklus I meningkat menjadi 73,17 dan pada siklus II sebesar 78,19. Jadi terjadi peningkatan sebesar 11,1 jika dilihat dari pratindakan sampai siklus II, dan (3) peningkatan juga dapat dilihat dari jumlah siswa yang selalu meningkat setiap tahap.Kristi Anggraini