Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:51:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-04-20T02:14:34Z2019-01-30T13:52:40Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48778This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/487782017-04-20T02:14:34ZPENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN ULANGAN HARIAN
ONLINE UNTUK MENGUKUR PENGUASAAN MATERI FISIKA DAN
MENGETAHUI RESPON BELAJAR PESERTA DIDIK SMAPenelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh instrumen penilaian Ulangan
Harian Online yang layak untuk mengetahui penguasaan materi dan respon belajar
peserta didik SMA pada materi hukum Newton tentang gravitasi (2) mengetahui
keterlaksanaan instrumen Ulangan Harian Online pada materi hukum Newton
tentang gravitasi; dan (3) mengetahui respon belajar peserta didik setelah
menggunakan instrumen penilaian Ulangan Harian Online dalam penilaian fisika
pada materi hukum Newton tentang gravitasi.
Pengembangan dilakukan dengan model 4-D yang terdiri dari tahap define,
design, develop, dan disseminate. Instrumen yang dikembangkan berupa soal yang
digunakan dalam media komputer melalui jaringan internet dan lembaran angket
minat belajar. Validitas isi instrumen oleh ahli pendidikan fisika dan guru fisika
SMA. Uji coba terbatas dilakukan pada 16 peserta didik kelas XI MIA 4 di SMA N 2
Magelang dengan hasil 13 dari 15 butir soal yang dikembangkan fit terhadap Rasch
Model dan 7 dari 10 butir angket yang dikembangkan fit terhadap Partial Credit
Model. Selanjutnya dilakukan revisi terhadap instrumen dan dilanjutkan tahap uji
coba luas yang dilakukan pada 27 peserta didik kelas XI MIA 1 di SMA N 2
Magelang. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini telah: 1) diperoleh instrumen penilaian Ulangan Harian
Online yang layak dan memenuhi syarat validitas isi dengan expert jugdements, dan
mendapat bukti empiris berdasarkan uji coba sebanyak 12 butir soal yang fit dengan
RM dan 7 butir angket yang fit dengan PCM, memiliki reliabilitas soal 0,30 dan
angket sebesar 0,79, serta memiliki indeks kesukaran item mulai 0,36 sampai
dengan 0,45; 2) persentase keterlaksanaan penerapan instrumen penilaian Ulangan
Harian Online pada materi hukum Newton tentang gravitasi meliputi kategori sangat
tinggi adalah 15%, tinggi 22%, sedang 26%, rendah 22%, dan sangat rendah 15%;
dan 3) persentase respon belajar peserta didik pada kategori sangat tinggi 30%, tinggi
22%, sedang 41%, rendah 4%, dan sangat rendah 4%.
Kata kunci: pengembangan instrumen penilaian, Ulangan Harian Online, penguasaan
materi, respon belajar, hukum Newton tentang gravitasSelvi Anggraeniselvhy.erick@gmail.comBambang Ruwanto2015-09-18T07:25:32Z2019-01-30T03:30:46Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26306This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/263062015-09-18T07:25:32ZKEEFEKTIFAN PENGGUNAAN METODE ESTAFET WRITING DENGAN BANTUAN VERBA + ARGUMEN DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS BAHASA JERMAN PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANGTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) perbedaan yang signifikan prestasi belajar keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang antara yang diajar menggunakan metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dan yang diajar menggunakan metode konvensional, (2) keefektifan penggunaan metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman peserta didik kelas X SMA N 1 Muntilan Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Muntilan Magelang yang berjumlah 293. Teknik pengambilan sampel dengan cara simple random sampling. Kelas X 5 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas X 3 yang terdiri dari 29 peserta didik sebagai kelas kontrol. Data diperoleh melalui tes keterampilan menulis bahasa Jerman dalam pre-test dan post-test. Analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan thitung (sebesar 6,421) lebih besar dari pada ttabel (sebesar 2,000), pada taraf sinifikansi α = 0,05 dan df sebesar 56. Hasil post-test kedua kelompok menunjukkan rerata kelas eksperimen sebesar 84,8966 lebih besar daripada rerata kelas kontrol yaitu 78,4138 dan bobot keefektifan 8,8%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode Estafet Writing dengan bantuan Verba + Argumen dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Jerman lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.Selvi Anggraeniselvhy.erick@gmail.com