Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:54:20ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-07-19T03:19:16Z2019-01-30T16:43:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/57800This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/578002018-07-19T03:19:16ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PQ4R
TERINTEGRASI TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PRESTASI
BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK
PADA MATERI LARUTAN ASAM BASAPenelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan
untuk mengetahui ada tidaknya : (1) perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi
belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R
(Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terintegrasi teknik mind mapping
dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi
teknik mind mapping, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, (2)
perbedaan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti
model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping, dan (3) perbedaan
dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model
pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping.
Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design untuk prestasi
belajar dan pretest-posttest design untuk aktivitas belajar. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun
ajaran 2017/2018 sebanyak 163 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 64
peserta didik terdiri dari 32 peserta didik kelas eksperimen (XI IPA 2) dan 32 peserta
didik kelas kontrol (XI IPA 3) yang diambil dengan teknik purposive sampling.
Teknik analisis data untuk uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji korelasi. Adapun uji hipotesis menggunakan uji Mancova dan
uji-t sama subjek. Data diolah menggunakan program komputer IBM SPSS versi 23.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan yang
signifikan dalam hal prestasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang
mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping dengan
peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik
mind mapping, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, (2) ada perbedaan
yang signifikan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah
mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping dan (3) ada
perbedaan yang signifikan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan
sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind
mapping.Beta Heva Anggraeni