Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:51:26ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-07-25T07:02:53Z2019-10-01T11:33:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51077This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/510772017-07-25T07:02:53ZLAPORAN INDIVIDU
PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN/MAGANG III
DI SMK MUHAMMADIYAH MAGELANGPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk
melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL mahasiswa
dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya di lapangan. Lokasi tim PPL UNY 2016
bertempat di SMK Muhammadiyah Magelang. Program PPL dilaksanakan mulai
tanggal 15 Juli hingga 15 September tahun 2016. Sebelum melaksanakan Praktek
Pengalaman Lapangan (PPL) perlu adanya persaiapan PPL, seperti pembelajaran
mikro (micro teaching), pembekalan PPL, observasi kelas, dan membuat persiapan
mengajar. Pembelajaran mikro telah dilaksanakan pada semester VI. Persiapan
selanjutnya adalah pembekalan PPL yang bertujuan membekali mahasiswa tentang
mekanisme pelaksanaan PPL di sekolah maupun di lembaga, profesionalisme
pendidik dan tenaga kependidikan, rencana pembangunan pendidikan, dinamika
sekolah serta norma dan etika pendidikan dan tenaga kependidikan. Mahasiswa perlu
melakukan observasi. Observasi bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran di
kelas. Adapun program kegiatan praktek mengajar meliputi persiapan media dan
perangkat pembelajaran serta proses pelaksanaan pembelajaran. Perangkat
pembelajaran meliputi pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
silabus, dan administrasi mengajar yang lain.
Tim PPL sudah menyusun program mengajar maupun non mengajar di SMK
Muhammadiyah Magelang. Secara umum, pelaksanaan program PPL berjalan sesuai
dengan apa yang telah direncanakan. Program kegiatan PPL telah dilaksanakan
secara keseluruhan dan terlaksana sesuai yang diharapkan. Walaupun dalam
pelaksanaan kegiatan ada yang kurang sesuai dengan jadwal yang telah
direncanakan.
Untuk program PPL, semuanya terlaksana dengan baik tanpa ada halangan
yang berarti. Banyak manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan program-program
PPL. Manfaat tersebut antara lain: peserta didik menyadari bahwa ilmu yang
disekitar mereka bisa dipelajari, peserta didik lebih aktif dalam diskusi. Selain itu,
dengan adanya media pembelajaran mampu meningkatkan minat belajar peserta
didik SMK Muhammadiyah Magelang.Andika Kurnia Pratama Andika Kurnia Pratama