Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:40:16ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-24T06:32:04Z2019-01-30T14:57:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/52430This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/524302017-08-24T06:32:04ZPERBEDAAN HASIL BELAJAR ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO
VISUAL DENGAN METODE KONVESIONAL PADA MATERI
SENAM LANTAI GULING DEPAN KELAS IV DI SD SINDUADI 1
DAN SD SENDANGADI 1 MLATI SLEMANSenam Lantai Guling Depan adalah salah satu materi yang ada di dalam
kurikulum PJOK. Pembelajaran dengan cara kovensional dan monoton tanpa inovasi
baru, membuat hasil belajar kurang maksimal. Berdasarkan observasi di beberapa
sekolah, fasilitas media yang ada belum dimanfaatkan dengan maksimal untuk
pembelajaran PJOK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar
senam lantai guling depan dalam pembelajaran menggunakan media audio visual dan
metode konvensional.
Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif komparatif dengan metode tes.
Teknik pengambilan data menggunakan tes akhir pertemuan. Instrumen yang digunakan
adalah tes keterampilan dan tes pengetahuan dengan materi guling depan. Teknik
analisis data menggunakan analisis uji t, melalui uji prasyarat analisis uji normalitas,
dan uji homogenitas.
Hasil uji t diperoleh nilai sig 0,004 kurang dari 0,005, dan t hitung 2,997 lebih
besar dari t table 1,997. Data tersebut dapat dinyatakan bahwa terdapat perbedaan yang
signifikan pada hasil belajar senam lantai guling depan antara SD Sinduadi 1 yang
menggunakan metode konvensional dan SD Sendangadi 1 yang menggunakan media
audio visual. Dari hasil tes hasil belajar, pembelajaran yang menggunakan media audio
visual hasilnya lebih baik daripada yang pembelajaran menggunakan metode
konvensional atau media berbasis manusia.Dionysius Oktavian Andi Pratikno