Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T22:46:58ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-03-13T00:35:31Z2019-10-01T11:33:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/47859This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/478592017-03-13T00:35:31ZLAPORAN
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMA NEGERI I IMOGIRI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan program wajib bagi setiap
mahasiswa kependidikan. Tujuan dari pelaksanaan PPL adalah mengembangkan
kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga
kependidikan. Kegiatan PPL bersifat aplikatif, yang dilaksanakan guna
mengupayakan suatu keterampilan kependidikan yang diperoleh di kampus untuk
dikembangkan oleh mahasiswa di sekolah. PPL juga merupakan sarana belajar
menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang dimiliki
sesuai bidang masing-masing. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan
pengalaman dan meningkatkan skill mahasiswa sebagai calon guru dalam kegiatan
belajar mengajar dan praktik persekolahan.
Kegiatan PPL dilaksanakan pada tanggal 15 Juli sampai 15 September 2016 di
SMA N 1 Imogiri. Mahasiswa PPL bertugas untuk mempersiapkan keperluan atau
perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu
guru pembimbing. Guru pembimbing memberikan kesempatan terhadap mahasiswa
dalam mengelola kelas serta memberikan arahan dan bimbingan kepada mahasiswa.
Kegiatan PPL meliputi kegiatan yang diprogramkan oleh UNY, kelompok maupun
individu yang meliputi pengajaran mikro, pembekalan, observasi, pembuatan
perangkat pembelajaran serta praktik mengajar.
Hasil dari kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri antara lain praktik mengajar
mata pelajaran Sejarah sebanyak 7 kelas di kelas X1 sampai X7. . Pelaksanaan
kegiatan PPL di SMA N 1 Imogiri dapat dilaksanakan dengan lancar berkat adanya
komunikasi dan kerjasama yang baik antara warga sekolah, kepala sekolah dan
mahasiswa. Hal ini tidak terlepas juga dari peran guru pembimbing dalam
membimbing mahasiswa PPL serta peran siswa selama kegiatan belajar mengajar
(KBM). Dengan demikian, kegiatan PPL ini diharapkan dapat memberikan manfaat
bagi pihak sekolah maupun kepada mahasiswa sendiri untuk mengembangkan
kemampuannya dan mengaplikasikan pengetahuan pengalaman praktik mengajar di
kelas agar dapat berguna dimasa depan.Andi Nurrahmawan Andi Nurrahmawan