Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:12:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-17T03:06:55Z2019-10-17T03:06:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66190This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/661902019-10-17T03:06:55ZPengembangan Computer Based Media (CBM) “MATIKTOK” Matematikabagi Siswa SMP Berbasis Guided Discovery dan Berorientasi pada Pendidikan KarakteriiABSTRAKWIDURI ASMARANTI:Pengembangan Computer Based Media (CBM) “MATIKTOK” Matematikabagi Siswa SMP Berbasis Guided Discovery dan Berorientasi pada Pendidikan Karakter.Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta, 2019.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk Computer Based Media (CBM)“MATIKTOK”matematika yangberkualitas sehinggalayak bagi siswa SMP berbasis guided discoverydan berorientasi pada pendidikan karakterditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan;(2)mendeskripsikan karakteristik media yang dikembangkan.Penelitian pengembanganini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) yang terdiri dari: (1) Analysismencakup menganalisis kebutuhan, kurikulum, karakteristik siswa, dan analisis rencana kerja; (2) Designmencakup mendesain produk dengan mengkaji analisis kebutuhan yang telah ditemui; (3) Developmentmencakup mengembangkan produk dan membuktikan kevalidan produk; (4) Implementationmencakup uji coba produk; (5) Evaluation, pada tahap ini produk dievaluasi dengan menganalisis data kepraktisan serta keefektifan produk. Instrumen penelitian terdiri dari lembar validasi media oleh ahli materi dan media, lembar angket penilaian guru dan siswa, instrumen tes pemahaman, dan angket penilaian karakter siswa. Duaguru dan29siswa kelas VIII E SMP Negeri 1 Yogyakartayang berpartisipasi dalam penelitian ini.Hasil penelitian menunjukkan bahwaComputer Based Media (CBM)“MATIKTOK”dengan model guided discovery learningberbasis pendidikan karakter pada mata pelajaran matematika SMPlayakjika ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.Kevalidan“MATIKTOK”dibuktikandari rata-rata skor yang diperoleh dari validator ahli materi yaitu 111 yang termasuk dalamkategori valid dan dari ahlimedia yaitu 112 yang termasuk dalamkategori valid. Kepraktisan “MATIKTOK” dibuktikan dengan rata-rata skor penilaian guru yaitu104,50 dengan kategori praktis dan rata-rata skor penilaian siswa yaitu84,03 dengan kategori praktis, serta rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran 88,8% dengan kategori sangat praktis. Keefektifanditunjukkandengan adanya peningkatan antara nilai pretes dan postes siswa.Media yang dikembangkanmemiliki karakteristik sebagai berikut: (a) alur pembelajaran menggunakan guided discovery learningdengan langkah pembelajaran yang difasilitasi yaitu langkah identifikasi masalah, investigasi, mengolah data, dan menarik kesimpulan; (b) cerita pada masalah dan soal latihan menceritakan mengenai karakter baik seseorang; (c) memuat unsur-unsur penekanan karakter seperti religius, jujur, kerja keras, teliti, dan rasa ingin tahu; (d) menggunakan instrumen evaluasi berupa tes pemahaman dan penilaian karakter siswa. Kata kunci :Computer Based Media, guided discovery learning, pendidikan karakterWiduri AsmarantiSri Andayaniandayani@uny.ac.id2016-11-01T02:29:56Z2019-10-15T05:57:55Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43044This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/430442016-11-01T02:29:56ZPELATIHAN KOMPUTER BERBASIS USER NEEDS ASSESMENT SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU-GURU SEKOLAH DASAR DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTAKegiatan pelatihan komputer ini bertujuan untuk meningkatkan: 1) pengetahuan dan ketrampilan guru SD dalam hal pemanfaatan software yang telah dikenal dan Internet untuk kegiatan pembelajaran, 2). keprofesionalan guru SD dalam hal penguasaan ketrampilan komputer, dan 3). mutu proses pembelajaran dan proses yang terkait yang dilakukan oleh guru SD.
Sebelum kegiatan ini diselenggarakan, tim pengabdi menyebarkan angket user needs assessment untuk penjaringan data. Angket dikirimkan kepada 76 SD di 5 kabupaten di DIY dan 47 angket diterima kembali oleh tim pengabdi. Dari hasil angket diperoleh informasi bahwa sebagian besar guru berpendapat bahwa ketrampilan penguasaan komputer dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas profesionalisme guru.
Kegiatan pelatihan diselenggarakan pada tanggal 30 dan 31 Juli 2010 di Laboratorium Komputer lt 2, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, selama 15 jam, mulai jam 07.30-16.00 WIB. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 35 guru sekolah dasar ini, tim pengabdi melakukan ceramah, praktek pelatihan dan diskusi – konsultasi. Materi pelatihan meliputi: pengolahan dokumen dengan Microsoft Word, pengolahan data dengan Microsoft Excel, pemanfaatan Internet, dan pembuatan media pembelajaran dengan Microsoft Power Point. Kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dikatakan berhasil memenuhi tujuannya. Salah satu faktor pendukung keberhasilan ini adalah semangat para guru SD yang sangat ingin meningkatkan kompetensinya dalam penguasaan komputer dan teknologi informasi.
Berdasarkan hasil yang telah dicapai maka kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1). Materi yang disampaikan dalam pelatihan sangat dibutuhkan oleh guru SD untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan administrasinya, 2). guru SD dapat mengoptimalkan performa software komputer yang telah dikenal untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan mempermudah pengelolaan administrasi dengan mengeksplorasi fitur-fitur yang belum banyak digunakan.Sri Andayaniandayani@uny.ac.idKuswari Hernawatikuswari@uny.ac.idAriyadi WijayaWahyu Setyaningrum2016-10-20T10:52:31Z2019-10-15T05:58:41Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42567This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/425672016-10-20T10:52:31ZPelatihan Pembuatan Permainan Matematika dan Simulasinya dengan Perangkat Lunak Komputer Untuk Menanamkan Sikap Positip Terhadap Alam Sekitar
Bagi Guru Sekolah Dasar Korban Bencana MerapiKegiatan PPM ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan motivasi guru sekolah dasar di daerah pasca bencana Merapi dalam menciptakan permainan matematika yang memanfaatkan alam sekitar lereng Merapi untuk dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika sehingga dapat menumbuhkan sikap positip anak-anak terhadap alam sekitar.
Sebelum pelaksanaan, tim pengabdi observasi terhadap objek alam sekitar Merapi yang dapat dimanfaatkan untuk permainan matematika. Observasi dilaksanakan di SD Cangkringan 2, sebagai lokasi pelatihan yang merupakan salah satu SD Korban erupsi gunung merapi. Kegiatan PPM telah dilaksanakan selama 3 hari, yaitu pada hari Jum’at-Minggu tanggal 30 September- 2 Oktober 2011 dengan total alokasi waktu adalah 24 jam. Tempat kegiatan di SD Cangkringan 2 dan laboratorium komputer SMK Muhammadiyah Cangkringan yang lokasinya berdekatan dengan SD Cangkringan 2. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh 31 guru sekolah dasar di Cangkringan ini, tim pengabdi melakukan ceramah, praktek pelatihan dan workshop dan presentasi hasil. Materi pelatihan meliputi: orientasi pembelajaran matematika di SD dilanjutkan dengan media-media pembelajaran permainan di SD yang dapat memanfaatkan alam sekitar, dan pemanfaatan Microsoft Power Point sebagai sarana pembuatan media pembelajaran di sekolah dasar.
Workshop dalam kegiatan ini telah menghasilkan 5 buah media permainan konvensional matematika SD , yaitu: Kartu monopoli untuk penjumlahan, Permainan perkalian dan pembagian dengan kartu kuartet untuk kelas 3, Permainan garis bilangan, Bermain nilai tempat dan Mengenal konsep perkalian. Selain itu juga dihasilkan 3 buah simulasi permainan dengan power point, yaitu Permainan tebak pecahan, Permainan tebak bangun datar dan Permainan koin. Kegiatan yang telah dilaksanakan dapat dikatakan berhasil memenuhi tujuannya. Salah satu faktor pendukung keberhasilan ini adalah semangat para guru SD yang sangat ingin meningkatkan kompetensinya dalam pembelajaran yang menggunakan metode permainan yang memanfaatkan alam sekitar dan mensimulasikan dengan perangkat lunak komputer.Ali Mahmudiali_uny73@yahoo.com.Sri Andayaniandayani@uny.ac.idKuswari Hernawatikuswari@uny.ac.idWahyu Setyaningrum2012-07-09T07:47:42Z2019-10-15T10:15:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1970This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/19702012-07-09T07:47:42ZEvaluasi Pemanfaatan Perangkat Lunak Pengolah Dokumen dalam Kegiatan Adminstrasi dan Keuangan guna Meningkatkan Efisiensi Pengelolaan Data di FMIPA UNYDalam rangka menerapkan sistem penjaminan mutu, maka perguruan tinggi (PT) harus senantiasa melakukan evaluasi terhadap semua komponen yang mendukung proses penyelenggaraan yang menuju terciptanya kualitas layanan jasa PT. Salah satu komponen yang perlu dievaluasi adalah kinerja karyawan bagian administrasi terhadap penguasaan perangkat lunak yang biasa digunakan dalam aktivitas administrasi. Hal ini dipandang perlu, karena bermula dari proses dan data administrasilah yang menjadi dasar pengambilan keputusan pimpinan di PT. Penelitian survey ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan perangkat lunak pengolah dokumen dalam kegiatan administrasi dan keuangan di FMIPA UNY, dalam rangka meningkatkan efisiensi pengelolaan data di bagian-bagian adminstrasi dan keuangan. Perangkat lunak pengolah dokumen (Microsoft Word dan Microsoft Excel) selama ini telah digunakan untuk melakukan kegiatan administrasi dan keuangan, namun belum pernah ada evaluasi yang dilakukan apakah perangkat lunak tersebut telah dimanfaatkan secara optimal dengan mengeksplorasi fitur-fitur yang sangat efektif dalam pengolahan dokumen. Hal ini penting dilakukan karena jika fitur-fitur tersebut telah dimanfaatkan maka pengelolaan dokumen akan semakin efisien. Langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah mengedarkan angket tentang sejauh mana penggunaan perangkat lunak pengolah dokumen oleh karyawan. Untuk memperkuat data yang diperoleh dari angket, dilakukan observasi dan wawancara dengan karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat penguasaan karyawan atas penggunaan MS Word adalah sebanyak 23 dari 44 karyawan (52,3% ) mempunyai tingkat penguasaan MS word kategori Baik dan 12 karyawan (27,3%) mempunyai penguasaan kategori cukup, 1 karyawan (2,3 %) mempunyai tingkat penguasaan kategori Kurang Baik dan 8 karyawan (18,2 %) mempunyai tingkat penguasaan Tidak Baik. Tingkat penguasaan karyawan atas penggunaan MS Excel adalah sebanyak 15 dari 44 karyawan(34,1%) mempunyai tingkat penguasaan MS Excel kategori Baik, 11 karyawan (25%) mempunyai tingkat penguasaan kategori Cukup, 4 karyawan (9,1%) mempunyai tingkat penguasaan kategori Kurang Baik dan 14 karyawan (31,8%) mempunyai tingkat penguasaan Tidak Baik. Tingkat penguasaan karyawan dalam manajemen file adalah sebanyak 30 dari 44 karyawan(68,2%) mempunyai tingkat penguasaan dalam manajemen file kategori Baik, 6 karyawan (13,6%) mempunyai tingkat penguasaan kategori Cukup, 1 karyawan (2,3 %) mempunyai tingkat penguasaan kategori Kurang Baik dan 7 karyawan (15,9 %) mempunyai tingkat penguasaan Tidak Baik.Tingkat penguasaan karyawan dalam penggunaan email adalah sebanyak 21 dari 44 karyawan (47,7%) mempunyai tingkat penguasaan dalam penggunaan email kategori Baik, 9 karyawan (20,5%) mempunyai tingkat penguasaan kategori Cukup, dan 14 karyawan (31,8 %) mempunyai tingkat penguasaan Tidak Baik. Kata kunci: pemanfaatan perangkat lunak pengolah dokumen, efisiensi pengelolaan data. Kuswari Hernawatikuswari@uny.ac.idSri Andayaniandayani@uny.ac.id2012-06-20T03:36:39Z2012-07-19T02:50:22Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/241This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2412012-06-20T03:36:39ZDEVELOPMENT ON E-ACADEMIC RECORD AS THE IMPLEMENTATION OF AN ALTERNATIVE ASSESMENT IN A TEACHINGDuring previous time, the determination of final subject scores was only based on scores of tests. However, if reviewed from the teaching meaning as a process, final scores should not only be determined from a brief examination influenced a lot by external and internal factors of students during the exam. Lecturers should apply alternative assessments in determining final scores of subjects which could be a utilization of non-traditional approach to give working assessments and students’ learning outcomes so that every lecturer should have academic records of all students on the subjects that they took. Several lecturers record students' academic activities including students’ activeness during lectures, activeness in doing assessments, and some other activities manually. Therefore, there should be facilities allowing lecturers to record all components. A research to be conducted aims at producing a program of e-academic record, i.e. an application program developed using MS Access to keep records of all the components of student activities in lectures that will be used as the basis for setting the final marks of courses. From the results of this study, it was expected to assist lecturers in processing and storing data of students’ academic activities during lectures that could be used as the basis for calculating the final marks of courses. Sri AndayaniKuswari Hernawati