Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:55:48ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-02-24T08:41:23Z2019-03-11T02:03:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30028This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/300282016-02-24T08:41:23ZTINGKAT KETERAMPILAN BERMAIN FUTSAL PESERTA
DIDIK PUTERA YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER
DI SMA NEGERI 1 IMOGIRI, BANTULPenelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya siswa SMA N 1 Imogiri yang
mengikuti ekstrakurikuler futsal, akan tetapi kurang mendapat perhatian terhadap
peningkatan keterampilan teknik dasar bermainnya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui tingkat keterampilan bermain futsal pada peserta didik putera yang
mengikuti ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 imogiri, Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan satu
variabel tanpa membuat perbandingan dan menghubungkan dengan variabel lain.
Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan bermain futsal. Subyek dalam
penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler futsal di SMA N 1 Imogiri, Bantul yang
berjumlah 20 pemain. Metode yang digunakan adalah survei dan teknik
pengumpulan datanya menggunakan tes dan pengukuran. Pada penelitian ini, untuk
Instrumen menggunakan “Tes Futsal FIK Jogja” dengan validitas sebesar 0,67,
reliabilitas 0,69, dan objektivitas 0,54.
Hasil penelitian menunjukkan menunjukan siswa yang masuk kategori
“sangat baik” sebanyak 2 siswa (10%), kategori “baik” sebanyak 5 siswa (25%),
kategori “cukup” sebanyak 6 siswa (35%), kategori “kurang baik” sebanyak 5 siswa
(25%), dan kategori “sangat kurang baik” sebanyak 1 siswa (5%). Dari hasil
tersebut dapat dikatakan bahwa kategori cukup menjadi hasil yang terbanyak, maka
dari itu kemampuan yang dimiliki peserta ekstrakurikuler futsal putera SMA N 1
Imogiri cukup baik.Anbar Mailani