Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:12:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-05-29T04:30:49Z2019-01-30T14:11:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/49280This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/492802017-05-29T04:30:49ZPERSEPSI GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP EVALUASI
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI
DI SD SE-KECAMATAN
BERBAHPenelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan guru pendidikan
jasmani di SD se-Kecamatan Berbah terhadap evaluasi pembelajaran. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui seberapa besar persepsi guru pendidikan jasmani
terhadap evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik pengumpulan
data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru
pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah yang berjumlah 19 guru. Teknik
analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam
persentase.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa persepsi guru pendidikan jasmani
terhadap evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan Berbah
yaitu pada kategori sangat tinggi sebesar 10,5% (2 guru), pada katagori tinggi sebesar
5,2 % (2 guru), pada katagori sedang sebesar 52,7 % (10 guru), pada katagori rendah
sebesar 31,6 % (6 guru), dan pada katagori sangat rendah sebesar 0 % (0 guru).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar persepsi guru pendidikan
jasmani terhadap evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani di SD se-Kecamatan
Berbah yaitu sedang dengan jumlah 52,7%.Nugroho Anastyo