Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:34:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-02T06:03:08Z2019-10-01T11:56:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38251This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/382512016-08-02T06:03:08ZLAPORAN PPL
LOKASI SMK NEGERI 7 YOGYAKARTAUniversitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan
tenaga kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai
tenaga profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY
memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar
mengajar melalui mata kuliah Ilmu Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Metodologi
Penelitian, Teknologi Pendidikan, Kajian Kurikulum dan Buku Teks, Evaluasi
Pembelajaran, Rencana Pembelajaran Akuntansi, Manajemen Pendidikan,
Pengajaran Mikro, dan PPL.
Praktik pengalaman lapangan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh mahasiswa UNY sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan masa
studi sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di Unversitas Negeri Yogyakarta.
Pelaksanaan praktik pengalaman lapangan bertujuan untuk melatih mahasiswa agar
memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar. Dengan adanya
pengalaman mengajar diharapkan dapat membentuk mahasiswa calon guru yang
profesional dibidangnya. Salah satu lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan PPL
pada tahun 2014 ini yaitu di lingkungan masyarakat sekolah, yaitu masyarakat SMK
Negeri 7 Yogyakarta.
Kegiatan yang dilaksanakan yaitu praktik mengajar di kelas. Dengan praktik
mengajar secara langsung, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata
tentang pelaksanaan proses pembelajaran, administrasi guru, ruang lingkup
kependidikan dan mampu berkonstribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah.
Dengan pengalaman tersebut, mahasiswa mendapatkan bekal untuk bersosialisasi di
masyarakat baik sebelum maupun setelah lulus di perguruan tinggi.
Secara keseluruhan, program-program kegiatan PPL yang telah direncanakan
berjalan dengan baik, akan tetapi dalam pelaksanaannya masih terdapat hambatanhambatan
yang timbul namun masih dapat untuk diatasi. Hambatan tersebut
misalnya, minoritas siswa yang sulit untuk dikendalikan, siswa yang kurang aktif
dalam pembelajaran, dan waktu PPL yang singkat dan terhalang dengan adanya libur
lebaran. Akan tetapi, praktikan selalu berusaha untuk mengatasi hambatan yang
terjadi, sehingga kegiatan PPL dapat terlaksana dengan baik. Setiap proses yang
dilalui dalam kegiatan ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa untuk menerapkan
dan mengimplementasikan keilmuan maupun pengalaman di dunia kerja, khususnya
di bidang kependidikan.Anastasia Ide Cahyaningrum Anastasia Ide Cahyaningrum