Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:50:00ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-31T08:22:48Z2019-10-31T08:22:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66491This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/664912019-10-31T08:22:48ZEVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF KELAS X TKRO DI SMK NEGERI 1 SEDAYUPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui program pembelajaran Pekerjaan
Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di SMK Negeri 1 Sedayu yang difokuskan pada:
context: kesesuaian tujuan pembelajaran dengan kurikulum dan penyampaian
kompetensi dasar; input: kualifikasi dan pengalaman guru, motivasi siswa, dan
ketersediaan sarana dan prasarana; process: penggunaan media dan metode oleh
guru, pemanfaatan sumber belajar, dan keterlaksanaan langkah pembelajaran;
product: pencapaian belajar siswa.
Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan model penelitian CIPP
(context, input, process, product) evaluation yang dikembangkan oleh Stufflebeam.
Subyek penelitiannya terdiri dari guru PDTO berjumlah satu orang dan siswa kelas
X TKRO berjumlah 108 orang di SMK Negeri 1 Sedayu. Teknik pengumpulan data
dengan wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Validasi instrumen
menggunakan pendapat ahli (expert judgement) dan uji korelasi product moment
untuk instrumen angket. Reliabilitas instrumen menggunakan rumus alfa cronbach,
pada angket motivasi siswa r=0,877; angket media r=0,768; angket metode
r=0,718; dan angket sumber belajar r=0,896. Analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian diketahui bahwa program pembelajaran Pekerjaan Dasar
Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Sedayu dari aspek: context: tujuan pembelajaran
program pembelajaran PDTO sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 Edisi Revisi
2017 dan belum semua kompetensi dasar dapat tersampaikan kepada siswa; input:
guru PDTO adalah sarjana (S1) jurusan Pendidikan Teknik Mesin dan memiliki
sertifikasi pendidik, motivasi siswa masuk dalam kategori cukup baik dengan
pesentase 46,296%, sarana dan prasarana di kelas masuk dalam kategori baik
dengan persentase 63,634%, dan alat praktik PDTO masuk dalam kategori sangat
baik dengan persentase 86,318%; process: penggunaan media pembelajaran oleh
masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 35,185%, penggunaan media
pembelajaran masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 37,963%,
pemanfaatan sumber belajar masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase
37,963%, dan keterlaksanaan langkah pembelajaran masuk dalam kategori sangat
baik dengan persentase 100%; product: persentase pencapaian ketuntasan belajar
siswa sebesar 41,667% dan 54,630%.Zhafran Anas