Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:11:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-06-28T04:31:54Z2019-01-31T13:18:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1197This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/11972012-06-28T04:31:54ZKESANTUNAN BERBAHASA DALAM BUKU AJAR BAHASA INDONESIA TATARAN UNGGUL: UNTUK SMA DAN MAK KELAS XII KARANGAN YUSTINAH DAN AHMAD ISKAKAspek kesantunan berbahasa memiliki peran penting dalam kemampuan berbahsa siswa. Buku ajar sebagai sumber materi pembelajaran memiliki peran penting dalam membentuk sikap kesantunan berbahasa siswa. Oleh karena itu perlu diperhatikan aspek kesantunan dan tingkat kesantunan berbahasa dalam buku ajar kesantunan berbahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa dan penyimpangan prinsip kesantunan yang terdapat dalam buku ajar Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK kelas XII karangan Dra. Yustinah, M.Pd. dan Ahmad Iskak, S.Pd., M.Pd. terbitan Erlangga. Metode yang digunakan dalam penelitian Kesantunan Berbahasa dalam Buku Ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK Kelas XII Karangan Yustinah dan Ahmad Iskak adalah metode deskriptif. Teknik yang digunakan adalah baca dan catat. Analisis data menggunakan teknik padan pragmatik. Penentuan tingkat kesantunan dilakukan dengan melihat kecenderungan kesantunan tuturan yang terdapat pada buku tersebut. Kesantunan tuturan diukur dengan proporsi penyimpangan maksim kesantunan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar Bahasa Indonesia untuk SMK/MAK kelas XII karangan Dra. Yustinah, M.Pd. dan Ahmad Iskak, S.Pd., M.Pd. sangat santun. Penyimpangan prinsip kesantunan dalam buku ajar Bahasa Indonesia Tataran Unggul untuk SMK dan MAK Kelas XII berupa penyimpangan satu maksim dalam satu kalimat seperti penyimpangan maksim kearifan, penyimpangan maksim pujian, dan penyimpangan maksim kesepakatan. Terdapat pula penyimpangan dua maksim dalam satu kalimat seperti penyimpangan maksim kearifan dan maksim kesepakatan, dan penyimpangan maksim pujian dan maksim kesepakatan, dan terdapat penyimpangan tiga maksim sekaligus dalam satu kalimat yaitu penyimpangan maksim kearifan, maksim pujian, dan maksim kesepakatan. Penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk pengembangan kesantunan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Kata kunci : kesantunan berbahasa, prinsip kesantunan, buku ajarAtflalul Anam