Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:49:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-10-17T04:38:07Z2019-05-09T08:14:48Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/53359This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/533592017-10-17T04:38:07ZPengaruh Metode Storytelling terhadap Kemampuan Berbicara dan Empati Anak di Kelompok B TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi MoutonPenelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh metode storytelling terhadap: (1) kemampuan berbicara, (2) rasa empati, dan (3) kemampuan berbicara dan empati anak di kelompok B TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen, dengan sasaran anak kelompok B di TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Subjek penelitian sebanyak 40 anak, terdiri atas 20 anak sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak sebagai kelompok kontrol yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan metode storytelling, sedangkan kelompok kontrol diberi perlakuan metode ceramah. Instrumen pengumpulan data adalah lembar observasi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi pada saat sebelum dan sesudah pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dan diuji dengan statistik uji-t untuk melihat perbedaan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dan uji multivariate untuk melihat pengaruh variabel bebas terhadap beberapa variabel terikat secara simultan.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap kemampuan berbicara anak di kelompok B di TK Al-Khairaat Parigi, Kabupaten Parigi Moutong. Nilai signifikansi sebesar 0,047 dengan perbedaan rerata sebesar 8,3. Kedua, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap empati anak. Nilai signifikansi sebesar 0,016 dengan perbedaan rerata sebesar 7. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan dari metode storytelling terhadap kemampuan berbicara dan empati anak. Nilai signifikansi sebesar 0,049. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode storytelling berpengaruh terhadap kemampuan berbicara dan empati anak di kelompok B TK Al-Khairaat Parigi Kabupaten Parigi Moutong.Amrullah Amrullah