Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:42:44ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-28T04:02:54Z2019-01-30T10:05:00Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37886This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/378862016-07-28T04:02:54ZPENGARUH POLA ASUH OTORITATIF TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SD NEGERI SE-KECAMATAN PUNDONG BANTULABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan pola asuh otoritatif dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SD Negeri se-Kecamatan Pundong Bantul. Metode penelitian dengan menggunakan ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 252 siswa. Jumlah sampel diambil berdasarkan teknik cluster random sampling yaitu 87 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala. Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen, uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis diolah dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan Interpersonal siswa kelas V. Hal ini dibuktikan dengan nilai R variable pola asuh otoritatif (X1) dan kecerdasan interpersonal (Y) sebesar 0,379 dan R² sebesar 0,144. Nilai p sebesar 0,000, berarti nilai p ≤ 0,05 maka dinyatakan signifikan. Sumbangan efektif pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan interpersonal dapat dilihat dari nilai R square yaitu 0,144, dengan persamaan regresi Y= 63,467+0,345X Dengan demikian besarnya sumbangan efektif pola asuh otoritatif terhadap kecerdasan interpersonal adalah 0,144x100% = 14,4%, sedangkan 85,6% ditentukan oleh variabel atau faktor lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Kata kunci : pola asuh otoritatif, kecerdasan interpersonal.Burhan Aminudin