Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:35:37ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-06-17T03:40:21Z2021-05-31T06:57:29Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64285This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/642852019-06-17T03:40:21ZPenerapan Problem-Based Learning untuk
Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran Estimasi Rencana Anggaran Biaya Kelas XI SMK Negeri 1 Petasia Kabupaten
Morowali Utara).Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Peningkatan motivasi
belajar siswa melalui penerapan Problem-Based Learning pada mata pelajaran
Estimasi Rencana Anggaran Biaya, (2) Peningkatan hasil belajar siswa melalui
penerapan Problem-Based Learning pada mata pelajaran Estimasi Rencana
Anggaran Biaya.
Bentuk penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan di kelas XI (sebelas) Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1
Petasia Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah pada mata pelajaran
Estimasi Rencana Anggaran Biaya dengan jumlah populasi adalah sebanyak 18
orang siswa. Penelitian dilakukan pada Bulan April 2016. Metode pengumpulan
data dilakukan dengan cara observasi kegiatan pembelajaran dikelas dan tes
tertulis. Objek yang diobservasi adalah guru dan siswa. Data hasil observasi
dioleh dengan analisis kualitatif, sedangkan data hasil belajar siswa diolah dengan
teknik analisis statistik deskriptif, yaitu menghitung persentase daya serap siswa
dan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Motivasi belajar siswa meningkat
dari kriteria kurang pada kegiatan pra tindakan menjadi sangat baik pada akhir
tindakan atau siklus III. Peningkatan motivasi belajar siswa terjadi pada semua
aspek, yaitu: kesiapan siswa mengikuti kegiatan pembelajaran, kemauan
menghubungkan konsep lama dengan masalah baru, kerja sama dan kemauan
mengekspresikan ide dalam kelompok belajar, kemauan menyelesaikan tugas
sebagai rasa tanggung jawab, kemauan mempresentasikan hasil diskusi kelompok,
(2) Hasil belajar siswa meningkat dengan capaian: nilai rata-rata siswa pada
kegiatan pra tindakan adalah 56,80 sedangkan pada akhir penelitian tindakan kelas
nilai rata-rata siswa 87,30. Kedua angka tersebut menunjukkan adanya kenaikan
prestasi belajar siswa sebesar 30,50%. Jumlah siswa yang tuntas atau mencapai
niai KKM pada kegiatan pra tindakan adalah 4 orang dari 18 orang atau sebesar
22,20% sedangkan pada penelitian tindakan kelas meningkat menjadi 18 orang
atau 100%.Ibrahim Moh AminSutarto Sutarto