Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:36:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-01T00:44:47Z2019-01-30T00:23:21Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22061This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/220612015-07-01T00:44:47ZEFEKTIVITAS METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL)
DALAM AKTUALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN PKN DI SMP NEGERI 3 SATAP KARANGSAMBUNG KEBUMENPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)apakah ada perbedaan aktualisasi nilai-nilai karakter siswa SMP Negeri SATAP Karangsambung Kebumen antara menggunakan
pendekatan problem based learning dengan metode konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 SATAP Karangsambung Kebumen yang berjumlah 56 siswa. Populasi dalam penelitian ini diambil dengan cara Population Sampling, yaitu dua kelas yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach.
Data dianalisis dengan menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)adanya perbedaan aktualisasi nilai karakter yang signifikan antara siswa yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL)dengan siswa yang menggunakan metode ceramah. Hal ini dibuktikan dengan nilai t lebih besar t
sebesar (3,201> 2,000) pada taraf signifikansi 5%. Dengan adanya perbedaan tersebut menunjukkan metode problem based learning (PBL) lebih efektif dalam aktualisasi
nilai-nilai karakter pada pembelajaran PKn. tabel
Kata Kunci: Efektifitas Model Pembelajaran berbasis problem based learning (PBL), Metode Konvensional, nilai-nilai karakter, PKn, SMP Negeri 3 SATAPRahmadani Amelia