Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:33:33ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-03-21T07:54:42Z2019-01-30T16:10:14Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/56296This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/562962018-03-21T07:54:42ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS III SD NEGERI BROSOT KECAMATAN GALURPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri Brosot.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group desain. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan dengan model NHT, sedangkan kelompok kontrol menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan driil and practice. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi untuk guru dan siswa, soal tes, dan dokumen hasil belajar. Data hasil penelitian disajikan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, yaitu dengan uji mean hasil posttest kelompok eksperimen dan kontrol, serta dengan uji N-Gain.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil perhitungan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen yaitu 83,85 berada pada kategori hasil belajar baik lebih tinggi satu tingkat dari rata-rata nilai posttest kelompok kontrol yaitu 69,88 yang berada pada kategori hasil belajar cukup. Didukung hasil uji N-Gain kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yaitu 0,575>0,193. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut dapat dimaknai bahwa kelompok eksperimen memiliki perubahan hasil belajar matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar matematika materi membandingkan pecahan sederhana pada siswa kelas III semester II SD Negeri Brosot, Kecamatan Galur tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil belajar matematikaNida Shafiya Ambaswari