Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:33:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-09-27T01:21:12Z2019-01-30T17:13:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/60073This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/600732018-09-27T01:21:12ZPENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA KOMPETENSI PEMBUATAN MACAM-MACAM KAMPUH SISWA KELAS X DI SMK KARYA RINI YHI KOWANI YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan penerapan metode pemberian tugas pada kompetensi pembuatan macam-macam kampuh siswa kelas X SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta (2) Mengetahui kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan penerapan metode pemberian tugas siswa kelas X SMK Karya Rini YHI Kowani Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X tata busana sebanyak 24 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Konstruk dengan menghitung korelasi antara skor butir instrumen dengan skor total menggunakan Product Moment dengan hasil menyatakan layak untuk digunakan dalam penelitian. Sedangkan validitas isi dengan meminta pertimbangan kepada 3 ahli (judgement expert) yang menyatakan bahwa instrumen layak untuk digunakan dalam penelitian. Reliabilitas instrumen lembar tes dan lembar observasi sikap menggunakan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,81 dan 0,92 dengan interpretasi sangan tinggi dan penilaian unjuk kerja menggunakan inter-rater of agreement dengan hasil menyatakan reliabel. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif.
Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan langkah kegiatan pendahuluan: penyampaikan materi sebelum pemberian tugas, kegiatan inti: meliputi kegiatan mengamati yang mencangkup pemberian motivasi pada siswa, kegiatan menanya, kegiatan mencoba mencangkup pemberian tugas pada siswa dan pelaksanaan tugas oleh siswa, kegiatan mengasosiasikan, kegiatan mengkomunikasikan mencangkup pembuatan catatan setelah penyelesaian tugas, kegiatan penutup: meliputi tanya jawab antara guru dan siswa tentang tugas yang telah dikerjakan oleh siswa, penilaian terhadap hasil pekerjaan siswa. Kompetensi pembuatan macam-macam kampuh dengan penerapan metode pemberian tugas dalam kategori sangat tinggi, dengan mean sebesar 84. Hal ini menunjuukan semua siswa (24) dapat dinyatakan kompeten dalam pembelajaran kompetensi pembuatan macam-macam kampuh.Aprilia Tri Ambarwati-