Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:49:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-22T04:33:11Z2019-10-01T11:56:13Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37107This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/371072016-07-22T04:33:11ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMP NEGERI 4 YOGYAKARTAPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) yang diselenggarakan oleh Universitas
Negeri Yogyakarta merupakan salah satu mata kuliah wajib yang dilakukan guna
meningkatkan kualitas pendidikan dan penyelenggaraan proses pembelajaran. Praktik
Pengalaman Lapangan (PPL) memiliki bobot 3 SKS atau setara dengan 256 jam.
Kegiatan PPL merupakan kegiatan mengembangkan kompetensi mahasiswa
sebagai calon guru atau calon pendidik di masa depan. Pengalaman yang didapatkan
tidak hanya dalam mengajar tetapi juga dalam praktik persekolahan yang
dilaksanakan guru di luar jam mengajar. Kegiatan yang dilaksanakan pada praktik
pengalaman lapangan di SMP Negeri 4 Yogyakarta memberikan pengalaman baru
yang berupa keterampilan dalam mengelola kelas, menghadapi berbagai macam
karakter peserta didik yang memiliki kemampuan berbeda. Sebagai guru juga ada
kegiatan yang diluar mengajar dimana dibutuhkan pengetahuan yang lebih dan
diperlukan koordinasi dengan rekan kerja agar dapat berjalan baik. SMP Negeri 4
Yogyakarta memiliki lokasi strategis yaitu terletak di tengah kota Yogyakarta
tepatnya di Jalan Hayam Wuruk No. 18 Yogyakarta, Kelurahan Bausasran,
Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Penyusun mendapat kesempatan praktik mengajar di kelas VIII A, VIII B dan
VIII C. Dalam pelaksanaan PPL pendekatan yang digunakan yaitu scientific sesuai
dengan kurikulum 2013 serta model pembelajaran Discovery Learning, metode
diskusi dan pengamatan. Media pembelajaran yang digunakan video dan gambar.
Pelaksanaan pembelajaran secara umum berjalan dengan baik. Peserta didik dapat
mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dan terjalin interaksi yang baik antar
apeserta didik dan praktikan. Tetapi minat belajar peserta didik masih rendah yang
ditambah dengan tidak tersedianya bukum sumber kurikulum 2013. Sehingga peserta
didik beralasan untuk tidak belajar. Untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu
dengan mempersiapkan, metode dan media pembelajaran yang menarik sehingga
peserta didik tertarik untuk belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Ambar Tri Pratiwi Ambar Tri Pratiwi