Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:17:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-25T06:24:10Z2019-10-01T11:56:12Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/37392This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/373922016-07-25T06:24:10ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
LOKASI SMA N 2 KLATEN
Jl. Angsana, Trunuh, Klaten Selatan, KlatenProgram PPL adalah program kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
(PPL) yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa
sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Praktek Pengalaman
Lapangan (PPL) merupakan wahana bagi mahasiswa untuk memperoleh ilmu
secara langsung di lapangan/lingkungan sekolah dan masyarakat baik yang
berkaitan dengan pengembangan dan pengelolaan sekolah dalam bidang fisik
maupun non fisik serta pembentukan calon guru atau tenaga kependidikan yang
profesional. Kegiatan PPL dilaksanakan di SMA N 2 Klaten mulai tanggal 1 Juli
2014 sampai 10 September 2014.
Kegiatan PPL yang dilakukan praktikan meliputi penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran, pembuatan media pembelajaran, praktik mengajar
pembuatan soal ulangan dan evaluasi. Di dalam pelaksanaannya praktikan
melakukan konsultasi dengan guru pembimbing sekolah dan dosen pembimbing
dari jurusan. Kegiatan utama praktikan dalam PPL adalah praktik mengajar kelas
XI IPA 1 dan XI IPA 2. Praktik mengajar dilaksanakan sebanyak minimal 8 kali,
namun pada kenyataan praktikan di lapangan mengajar 4 kali. Selama
melaksanakan PPL mahasiswa PPL mengalami beberapa hambatan, tetapi dengan
diadakannya konsultasi baik dengan guru pembimbing dan dosen pembimbing
lapangan, hambatan tersebut dapat teratasi sehingga pada akhirnya mahasiswa
praktikan PPL dapat menjalin kerjasama yang baik dengan siswa maupun guru
pembimbing.
Praktik PPL yang dilaksanakan di SMA N 2 Klaten berjalan dengan lancar
dan mendapatkan respon positif dari pihak sekolah. Manfaat yang praktikan dapat
selama kegiatan PPL antara lain menambah pemahaman mahasiswa tentang
proses pendidikan yang berlangsung di sekolah, memperoleh pengalaman dan
keterampilan untuk melaksanakan pembelajaran di sekolah, dan menambah rasa
percaya diri mahasiswa untuk menjadi seorang guru sepenuhnya.Ambar Ayu Hendra Siwi Ambar Ayu Hendra Siwi