Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:25:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-03-05T03:43:34Z2019-10-01T11:25:18Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55888This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/558882018-03-05T03:43:34ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)Pada dasarnya mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan
untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa ketrampilan dalam
bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan
mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Tujuan yang lain adalah
memberi kesempatan pada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal dan menghayati
permasalahan yang dihadapi lembaga pendidikan, menerapkan ilmu pengetahuan dan
keterampilan yang dimiliki ke dalam kehidupan nyata. Mahasiswa juga dapat belajar
dari lembaga sekolah sekaligus dapat menyumbangkan pemikiran dan tenaga guna
pengembangan lembaga pendidikan yang bersangkutan.
Pelaksanaan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) mahasiswa UNY telah
dilaksanakan dari tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017.
Pelaksanaan kegiatan PLT secara umum meliputi tiga tahapan yaitu, tahap persiapan,
pelaksanaan, penyusunan laporan dan evaluasi. Tahap persiapan meliputi pembekalan
PLT yang dilaksanakan di kampus UNY sebelum penerjunan ke lapangan. Tahapan
pelaksanaan PLT meliputi tahap observasi potensi pengembangan sekolah yang
meliputi observasi kegiatan pembelajaran dan observasi fisik sekolah, identifikasi dan
inventarisasi permasalahan, penyusunan rancangan program, pengajuan proposal dan
pelaksanaan program. Pelaksanaan PLT di SMP Negeri 7 Magelang meliputi
program pembuatan administrasi guru, pemetaan SK dan KD, pembuatan RPP,
pembuatan Soal evaluasi, analisis penilaian, administrasi dan pengelolan
laboratorium IPA, dan konsultasi pembimbing. Setelah pelaksanaan peserta PLT
wajib menyusun laporan yang kemudian akan dievaluasi oleh sekolah dan DPL PLT.
Secara umum, program kerja PLT di sekolah tersebut dapat terlaksana dengan
lancar. Kendala dalam melaksanakan suatu program merupakan suatu hal yang tidak
dapat dihindari. Oleh karena itu, program yang masih memerlukan tindak lanjut dapat
dilaksanakan oleh peserta PLT periode berikutnya.Amanda Dwi Puspitaningtyas Amanda Dwi Puspitaningtyas