Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:20:24ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-19T05:12:30Z2019-10-01T11:45:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32890This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/328902016-05-19T05:12:30ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SD NEGERI KOTAGEDE 1
TAHUN AKADEMIK 2015/2016Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
yang dilaksanakan pada semester khusus tahun 2015 memberikan kesempatan bagi
mahasiswa UNY untuk meningkatkan kemampuannya dalam bidang pendidikan. SD
Negeri Kotagede 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY
untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015. Tujuan dari program Praktik Pengalaman
Lapangan adalah untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang
manajerial dan pembelajaran di sekolah; memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam rangka melatih dan mengembangkan keprofesionalan dalam bidang keguruan
atau pendidikan; memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal,
belajar, dan memahami seluk beluk sekolah dengan segala permasalahannya; serta
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan pengetahuan dan
kemampuan yang telah dimiliki dalam proses pembelajaran.
Program PPL ini meliputi pelaksanaan praktik mengajar terbimbing sebanyak 4
kali yang dilaksanakan mulai tanggal 12 Agustus 2015 sampai 1 September 2015.
Selain itu dilaksanakan pula ujian praktik mengajar sebanyak dua kali pada tanggal 2
dan 7 September 2015. Pelaksanaan kegiatan PPL meliputi tiga tahapan yaitu, tahap
persiapan, pelaksanaan, dan analisis hasil. Tahapan persiapan PPL meliputi
pembekalan dan orientasi pengajaran mikro, pengamatan AVA, praktik pengajaran
mikro, observasi pembelajaran, dan membuat persiapan mengajar. Tahap pelaksanaan
meliputi praktik mengajar terbimbing dan ujian. Kegiatan pembelajaran yang lain
yaitu mengajar insidental menggantikan guru yang tidak berangkat. Kegiatan selain
praktik mengajar, juga dilakukan kegiatan non mengajar. Kegiatan tersebut antara
lain seperti ekstrakurikuler pramuka dan kemah, upacara hari senin dan 17 Agustus,
pendampingan pelatihan IT, pembuatan media pembelajaran IPA, rapat pembuatan
media dan persiapan peringatan kemerdekaan, pembuatan media gambar ramburambu
lalu lintas, penataan buku sumber belajar, dan membantu membuat RPP.
Tahap analisis hasil berisi hasil pelaksanaan, hambatan, solusi, dan refleksi.
Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), maka dapat
disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam pengembangan kompetensi di bidang pendidikan, memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang
terkait dengan proses pembelajaran, memberikan kesempatan kepada mahasiswa
untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang telah dipelajari dalam
kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan hubungan kemitraan yang baik
antara UNY dengan sekolah yang terkait.Amanah Ady Purnami Amanah Ady Purnami