Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:34:29ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T08:01:27Z2019-10-01T11:56:11Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38605This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/386052016-08-03T08:01:27ZPRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN ( PPL )
SLB AUTISMA DIAN AMANAHUniversitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu universitas dengan latar
belakang pendidikan memiliki tugas sebagai pencetak tenaga kepandidikan yang
handal serta professional di dunia pendidikan. Melalui program-program mata
kuliah pendidikan yang dilaksanakan baik praktik, teori, maupun lapangan
diharapkan mampu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para
mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Salah satu mata kuliah lapangan
wajib lulus adalah Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), dimana sebagai latihan
kependidikan yang bersifat intrakurikuler. SLB Autisma Dian Amanah
merupakan salah satu dari sekian sekolah yang dijadikan lokasi PPL UNY pada
tahun 2014 ini. Secara umum sekolah ini mempunyai fasilitas yang cukup
memadai, namun masih perlu ditingkatkan agar dapat mendukung kelancaran
seluruh aktivitas belajar mengajar di sekolah.
Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai
dengan kompetensi yang dimiliki oleh mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014
yang berlokasi di SLB Autisma Dian Amanah, mulai dilaksanakan pada tanggal 1
Juli 2014 sampai dengan tanggal 17 September 2014. Dengan hasil observasi
pembelajaran yang ada maka dirancang berbagai program PPL yanag akan
dilaksanakan antara lain : Praktik mengajar di kelas, dan pembuatan RPP untuk
setiap pertemuan.
Kurang lebih dua bulan di sekolah, mahasiswa praktikan memperoleh
pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam
mengajar di kelas, tindakan kelas, baik saat teori maupun praktikum. Dalam
pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan. Akan
tetapi, dengan adanya semangat dan motivasi dari guru pembimbing lapangan dan
guru lain, dosen pembimbing lapangan, teman-teman satu tim dan berkat
kerjasama yang baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.Amalia Rizki Nuraini Amalia Rizki Nuraini