Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:21:38ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-06-22T05:51:34Z2019-10-01T11:33:19Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/50187This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/501872017-06-22T05:51:34ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMPN 2 TEMPELPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu program kegiatan
latihan kependidikan yang tujuannya adalah mengembangkan kompetensi mengajar
mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. PPL memberikan
kesempatan pada mahasiswa untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu serta
keterampilan yang dimiliki dalam kegiatan pembelajaran.
Pelaksanaan kegiatan PPL di laksanakan di SMPN 2 Tempel, yang berlokasi
di Jalan Balangan-Tempel, Barongan, Banyurejo, Tempel, Sleman, D.I. Yogyakarta.
Kegiatan PPL ini berlangsung selama 8 minggu, terhitung dari tanggal 15 Juli sampai
tanggal 15 September 2016. Dalam pelaksanaanya, berbagai program kegiatan PPL
telah berhasil dilaksanakan, kegiatan tersebut diantaranya praktik mengajar, piket
guru, konsultasi dengan guru pembimbing, pendampingan mengajar, menyusun dan
mengoreksi soal, tugas dan ulangan harian, konsultasi dengan DPL PPL, pembuatan
laporan PPL, dan upacara bendera.
Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan membawa manfaat bagi
mahasiswa PPL, manfaat itu diantaranya memberikan pengalaman kepada mahasiswa
dalam bidang pembelajaran di sekolah dalam rangka melatih dan mengembangkan
kompetensi keguruan atau kependidikan. Selain itu, PPL juga bermanfaat dalam
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan
menghayati permasalahan sekolah serta untuk menerapkan berbagai ilmu
pengetahuan yang dikuasainya secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di
sekolah. Sehingga melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa dapat mengembangkan
berbagai kompetensi yang dimilikinya.Destya Amalia Putri