Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:28:14ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-11T03:21:52Z2019-01-29T17:41:45Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8605This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86052012-12-11T03:21:52ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI KLEGUNG 1 TEMPEL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) terhadap hasil belajar PKn
siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel dan mendeskripsikan implementasi
model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) yang
berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas V SD N Klegung 1 Tempel.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pedekatan kuantitatif dengan
menggunakan jenis penelitian quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas
VA 23 siswa dan kelas VB 24 siswa. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan soal, LKS dan angket. Uji validitas internal instrumen dilakukan
dengan uji validitas isi dan uji ahli, sedangkan uji validitas eksternal dilakukan
dengan mengujicobakan instrumen ke SD lain yang diasumsikan setara. Data
dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif
tipe Numbered Heads Together (NHT) berpengaruh positif terhadap hasil belajar
PKn siswa kelas V SD Negeri Klegung 1 Tempel jika dibandingkan dengan
metode konvensional. Hal tersebut ditunjukkan dari rerata hasil belajar ranah
kognitif pada kelompok eksperimen yaitu 23,13 yang berarti lebih tinggi dari
rerata kelompok kontrol yaitu 20,78, sedangkan rerata untuk hasil belajar ranah
afektif pada kelompok eksperimen yaitu 71 yang berarti lebih tinggi pula dari
rerata kelompok kontrol yaitu 67,57. Dalam pelaksanaan pembelajaran pada
kelompok eksperimen dengan model kooperatif tipe Numbered Heads Together
(NHT) langkah-langkahnya, yaitu: (1) penomoran, (2) mengajukan pertanyaan, (3)
berpikir bersama, dan (4) menjawab pertanyaan. Dengan demikian dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads
Together (NHT) memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa kelas
V SD Negeri Klegung 1 Tempel.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, hasil
belajar PKn
Arbayta Alvyta Layla