Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T15:57:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2012-12-11T03:19:32Z2019-01-29T17:41:30Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8600This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86002012-12-11T03:19:32ZMENINGKATKAN SIKAP PLURALITAS MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA SISWA KELAS VA SD NEGERI TAMANAN I KECAMATAN KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012Penelitian ini bertujuan meningkatkan sikap pluralitas siswa kelas VA SD
Negeri Tamanan I Kecamatan Kalasan dengan menggunakan pendekatan
konstruktivistik.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas tipe kolaboratif.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VA SD Negeri Tamanan I
Kecamatan Kalasan yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan model
Kemmis dan Mc. Tanggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tindakan.
Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Pada setiap siklus terdapat
kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang
digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Sebelum digunakan dalam
penelitian, angket divalidasi secara empirik dan expert judgment. Reliabilitas
angket dihitung menggunakan alpha cronbach. Data hasil observasi dan
wawancara dianalisis secara deskriptif kualitatif sementara angket dianalisis
secara kuantitatif persentase.
Hasil penelitian pra tindakan menunjukkan bahwa sikap pluralitas siswa
rendah. Skor rata-rata kelas baru mencapai 56 dan persentase ketuntasannya
adalah 53,3%. Guru melakukan tindakan menggunakan pendekatan
konstruktivistik yang memvariasikan berbagai metode pembelajaran pada siklus I,
nilai rata-rata kelas menjadi 66 dan persentase ketuntasan meningkat menjadi
60,0%. Guru melakukan perbaikan pembelajaran konstruktivistik yang disertai
pemberian dorongan untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, dan
pembagian kelompok secara acak pada siklus II, sikap pluralitas siswa semakin
meningkat. Nilai rata-rata kelasnya meningkat menjadi 70 dan persentase
ketuntasan meningkat menjadi 80,0%.
Kata kunci : Sikap Pluralitas dan pendekatan pembelajaran konstruktivistik.
Saputri Alviyatun Endah