Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:58:45ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-09T08:50:48Z2019-10-01T11:45:43Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/39326This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/393262016-08-09T08:50:48ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMK 45 WONOSARIPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah yang wajib
ditempuh oleh setiap mahasiswa S1, jurusan kependidikan yang pelaksanaannya
dilakukan di lingkungan sekolah. Kegiatan PPL ini bertujuan untuk memberikan
pengalaman dan kesempatan kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu
pengetahuan dan keterampilan yang dikuasainya ke dalam kehidupan nyata di
sekolah. Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebagai syarat
dalam menyelesaikan gelar sarjana pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta.
Visi dari Praktik Pengalaman Lapangan adalah wahana pembentukan calon guru
atau tenaga kependidikan yang profesional.
Dalam pelaksanaan PPL yang dilaksanakan di SMK 45 Wonosari ini
dimulai pada tanggal 2 Juli 2014 sampai 17 September 2014. Praktik
Pengalaman Lapangan merupakan kegiatan pembelajaran di sekolah. Dalam
kegiatan pembelajaran perlu melakukan persiapan, diantaranya pembuatan
administrasi guru yang meliputi: Silabus, RPP, materi ajar, modul praktik,
program semester, program tahunan, dll. Tujuan utama adalah dapat mengenali
situasi dan kondisi sekolah menengah kejuruan,memperoleh pengalaman dalam
mengajar di sekolah menengah kejuruan, mempelajari dan menyusun
administrasi guru selama satu tahun secara baik dan benar, terampil menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), terampil melakukan proses kegiatan
pembelajaran sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan
menguasai delapan ketrampilan dasar dalam proses belajar mengajar.
Dari kegiatan PPL ini mahasiswa praktikan memperoleh pengalaman
yang belum pernah diperoleh di perkuliahan, terutama dalam pengalaman dalam
mengajar dan mengelola kondisi kelas, baik itu kelas teori maupun kelas praktik.
Dalam pelaksanaan program-program tersebut tidak pernah terlepas dari
hambatan-hambatan. Akan tetapi dengan adanya semangat dan perjuangan yang
baik maka segala hambatan dapat teratasi dengan mudah.Alvian Muhendra Krisdianto Alvian Muhendra Krisdianto