Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:01:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-12T01:24:56Z2019-10-01T11:45:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36055This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/360552016-07-12T01:24:56ZLAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) SMP NEGERI 2 DEPOKPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata kuliah
yang wajib ditempuh oleh mahasiswa kependidikan. Melalui PPL Mahasiswa
dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh didalam perkuliahan didalam
lapangan yakni sekolah guna memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar
mengajar. PPL bertujuan untuk mempersiapkan serta menghasilkan guru atau
tenaga kependidikan lainnya yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan dan
keterampilan sehingga dapat menjadi tenaga professional pendidikan. Kegiatan
PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri
Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL langsung pada
lingkungan sekolah.
Sekolah yang digunakan sebagai tempat Praktik Pengalaman Lapangan
ini adalah SMP Negeri 2 Depok yang dilaksanakan mulai tanggal 10 Agustus
sampai dengan 12 September 2015. Wujud pelaksanaan PPL ini adalah
mengajar di kelas sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Waktu yang digunakan
untuk satu kali tatap muka adalah 2x40 menit. Pengajaran di kelas pada
kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali pertemuan,
namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas sebanyak 25
pertemuan, sedangkan kelas yang diajar sebanyak 3 kelas, yaitu kelas VII A,
VII B, dan VIII B dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi
kelompok, permainan, presentasi, dan penugasan. Untuk mendukung kegiatan
pembelajaran digunakan beberapa media, antara lain TTS, gambar dan
berbagai media lain. Banyak kendala dan hambatan selama waktu
dilaksanakannya PPL, akan tetapi hal ini merupakan suatu proses untuk
menuju yang lebih baik.
Secara umum pelaksanaan PPL di SMP N 2 Depok berjalan dengan baik
dan lancar berkat kerjasama yang baik dengan beberapa unsur sekolah seperti
Kepala Sekolah, guru, karyawan, dan siswa. Adanya kerjasama, kerja keras,
tanggung jawab, serta kedisiplinan sangat mendukung terlaksananya programprogram PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat menciptakan tenaga pendidik yang berkualitas dan
profesional.Alikul Majda Alikul Majda