Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:21:05ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-03T01:38:49Z2019-01-30T14:41:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51385This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/513852017-08-03T01:38:49ZPENGEMBANGAN MOBILE ENCYCLOPEDIA
BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MANDIRI
Materi Pengantar dan Referensi Baca Mata Pelajaran Gambar Konstruksi
Bangunan 1 SMK Teknik BangunanPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
mandiri dalam bentuk aplikasi Mobile Encyclopedia berbasis sistem operasi
Android. Materi yang dimuat dalam ensiklopedi adalah materi pengantar mata
pelajaran gambar konstruksi bangunan 1 dan referensi baca untuk kelas XI SMK
Jurusan Teknik Bangunan.
Tahapan penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model
pengembangan 4D (four-D), yang meliputi pendefinisian (define), perancangan
(design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian
diawali dengan pemetaan kondisi peserta didik untuk keperluan analisis kebutuhan
materi dan karakteristik media yang perlu dikembangkan. Hasil pemetaan kondisi
peserta didik kemudian dikuatkan dengan wawancara dengan praktisi lapangan.
Produk hasil pengembangan dinilai kelayakannya menggunakan angket validasi
produk yang ditujukan untuk ahli materi, media, praktisi lapangan, dan angket
penilaian kelayakan produk untuk peserta didik dalam independent testing group
(ITG).
Hasil pengembangan yang diperoleh berupa produk media dan penilaian
kelayakan. Produk media berupa Mobile Encyclopedia memuat enam komponen
yaitu materi pengantar, kategori terpadu, kategori a-z, daftar simbol, petunjuk, dan
info aplikasi. Hasil validasi ahli materi termasuk dalam kategori “sangat layak”,
sedangkan ahli media dan praktisi lapangan termasuk dalam kategori “layak”
sehingga media hasil pengembangan yang dilakukan dapat digunakan sebagai
media pembelajaran mandiri. Sedangkan hasil penilaian produk oleh peserta didik
termasuk dalam kategori “sangat layak” yang berarti produk media ini dinilai dapat
memenuhi kebutuhan peserta didik dalam proses pembelajaran mandiri materi
terkait.Fajrina Aliffah Elfmi