Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:14:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-11T02:39:22Z2022-01-17T02:58:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32547This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/325472016-05-11T02:39:22ZMeningkatkan Pembelajaran Lompat Jauh Melalui Media
Peralatan Olahraga Anak (POA) Pada Siswa Kelas IV SD Islam Al-Azhar 31 Yogyakarta 2015Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh dengan media Peralatan Olahraga Anak (POA) pada siswa kelas IV SD ISLAM AL-AZHAR 31 Yogyakarta 2015.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Objek penelitian adalah siswa kelas IV SD ISLAM AL-AZHAR 31
YOGYAKARTA berjumlah 32 siswa. Data dikumpulkan melalui: (1) observasi hasil belajar lompat jauh dengan media Peralatan Olahraga Anak (POA), (2) observasi proses pembelajaran, (3) observasi terhadap perilaku siswa, dan (4) tes pengetahuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran lompat jauh dengan menggunakan media Peralatan Olahraga Anak (POA) Nilai rata-rata siswa pada kondisi awal sebesar 6, 56 Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I pada aspek psikomotor yaitu sebesar 10.5. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata kemampuan lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan rata-rata sebesar 12.1. Rekapitulasi hasil lembar observasi perilaku siswa dalam pembelajaran pada siklus I sebesar 6,4 meningkat menjadi 6,88 pada siklus II, tingkat pengetahuan siswa pada pra tindakan sebesar 4.81 siklus I sebesar 8,18 dan meningkat menjadi 10.16 pada siklus II dan lembar observasi proses pembelajaran pada siklus I sebesar 80% pada siklus II meningkat menjadi 90%.Masnur Ali