Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:40:25ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-05-03T09:16:50Z2019-01-29T12:20:15Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/48994This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/489942017-05-03T09:16:50ZPeningkatan Language Skills melalui Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia di SD Muhammadiyah Demangan YogyakartaPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa yang meliputi keterampilan menyimak, keterampilan berbicara, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis melalui
penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Subjek penelitian adalah siswa kelas VA SD Muhammadiyah Demangan Yogyakarta yang terdiri dari 35 siswa. Tahap-tahap penelitian meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi dalam tiga siklus. Tindakan yang dilakukan berupa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading
and Composition (CIRC) dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, skala sikap, catatan lapangan dan dokumentasi. Wawancara dilakukan untuk memperoleh informasi tentang siswa,
guru, dan proses pembelajaran; observasi dilakukan untuk memperoleh data tentang keterampilan berbahasa siswa, aktivitas guru dalam pembelajaran, serta aktivitas siswa dalam kerja kelompok; tes dilakukan untuk menjaring data awal kemampuan siswa sebagai dasar pembentukan kelompok; skala sikap digunakan untuk memperoleh respon siswa mengenai penerapan model pembelajaran CIRC; dan catatan lapangan dilakukan untuk memberikan gambaran proses pembelajaran yang terjadi. Untuk menghindari subjektivitas dari observer, maka dilakukan trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berbahasa siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran CIRC beserta tahap-tahapnya yang meliputi teacher presentation, team practice, independent practice, peer preassesment, additional practice dan testing serta berbagai aktivitas yang merupakan unsur-unsur dalam model pembelajaran CIRC seperti (1) saling membacakan cerita dengan teman kelompok, (2) menyimpulkan cerita, (3) mendengarkan cerita, (4) menceritakan kembali cerita yang telah dibaca dan didengar dalam bentuk lisan dan tulisan, (5) bermain drama, (6) menulis, mengedit, merevisi, dan mempublikasikan puisi dengan teman kelompok.Hanik Yuni Alfiyah