Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:34:09ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-03-26T01:13:14Z2019-01-29T19:35:27Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14176This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/141762015-03-26T01:13:14ZASPEK AFEKTIF SISWA KELAS VIII DITINJAU DARI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SMP NEGERI 1 SEYEGAN TAHUN AJARAN 2012/2013Penelitian ini dilakukan berdasarkan adanya masalah kurangnya perhatian
guru pendidikan jasmani terhadap afektif siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani sehingga dikesampingkan dari aspek kognitif dan psikomotornya, padahal ketiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah afektif siswa kelas VIII mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani di SMP N 1
Seyegan Sleman tahun ajaran 2012/2013.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Variabel dalam penelitian ini yaitu : aspek afektif. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Seyegan Sleman tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 108 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner/angket yang diambil dari karakter pembentuk afektif siswa tercantum dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Kelas VIII. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dijabarkan dalam bentuk persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek afektif siswa kelas VIII ditinjau dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMP N 1 Seyegan mempunyai kategori sangat positif 19,4%, positif 31,5%, negatif 36,1%, dan sangat negatif 13%.Alfiani Mukarohmi Alfiani