Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:43:41ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-07-13T08:45:24Z2019-10-01T11:45:39Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/36356This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/363562016-07-13T08:45:24ZLAPORAN KEGIATAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP NEGERI 2 GODEANPraktik Pengalaman Lapangan (PPL) bertujuan memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk belajar mnegenal serta menghayati seluk beluk lembaga
pendidikan dengan segenap permasalahannya, baik yang berkaitan dengan proses
pembelajaran maupun kegiatan administrasi pendidikan. Melalui PPL mahasiswa
dapat menerapkan disiplin ilmu yang diperoleh di kampus untuk diterapkan ke dalam
lingkungan pendidikan, formal maupun non formal. PPL juga berfungsi sebagai
salah satu cara melatih mental mahasiswa didepan dan diluar kelas. Selain itu, PPL
dapat menambah pengalaman dan wawasann dalam proses kegiatan belajar
mengajar, agar nantinya mahasiswa mempunyai bekal untuk terjun ke dunia
pendidikan sebagai tenaga pendidik.
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) tujuannya adalah memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendapat bekal mengajar secara
operasional di sekolah, sehingga tidak hanya teoritis saja. Kegiatan PPL yang
dilaksanakan disekolah mulai tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015
di SMP Negeri 2 Godean akan lebih menguntungkan semua pihak, bagi sekolah,
perguruan tinggi dan mahasiswa.
Dalam Kegiatan PPL di SMP Negeri 2 Godean, penyusun mendapat
kesempatan praktik mengajar di kelas VII A, VII D, VIII A, VIII D, IX C dan IX D.
Mahasiswa melakukan praktik mengajar di kelas maupun di lapangan setiap hari
senin jam ke-2 sampai dengan jam ke-4, rabu jam ke-1 sampai jam ke-4, jum’at jam
ke-1 sampai dengan jam ke-4. Hasil yang diperoleh dari kegiatan PPL yaitu
mahasiswa mendapatkan pengalaman nyata berkaitan dengan perencanaan, penulisan
perangkat pembelajaran, proses pembelajaran dan pengelolaan kelas. Mahasiswa
telah dapat menerapakan dan mengembangkan ilmu serta keterampilan yang dimiliki
sesuai dengan program studi masing-masing.Alfian Fahmi Alfian Fahmi