Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:49:32ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-04T06:48:57Z2019-10-01T11:56:04Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38785This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/387852016-08-04T06:48:57ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMK BHAKTI KARYA 1 MAGELANG
JL. ELO JETIS NO. 3 MAGELANGUniversitas Negeri Yogyakarta mempunyai tugas dan misi menyiapkan tenaga
kependidikan yang memiliki sikap, pengetahuan, dan keterampilan sebagai tenaga
profesional. Dalam menyiapkan tenaga kependidikan tersebut, UNY memberikan
pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa tentang proses belajar mengajar salah
satunya dengan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). PPL merupakan salah satu
mata kuliah praktik yang wajib ditempuh oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat
dalam menyelesaikan gelar sebagai sarjana pendidikan selain tugas akhir skripsi di
Universitas Negeri Yogyakarta. PPL bertujuan untuk melatih mahasiswa agar
memiliki pengalaman nyata tentang proses belajar mengajar dan diharapkan dengan
PPL ini dapat menjadi bekal bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri sebagai
tenaga kependidikan yang profesional.Salah satu lokasi yang menjadi sasaran tempat
pelaksanaan program PPL pada tahun 2014ini adalah SMK Bhakti Karya 1
Magelang.
Pelaksanaan PPL yang bertempat di SMK Bhakti Karya 1 Magelang,
praktikan mengajarkan standar kompetensi Kearsipan kelas X Administrasi
Perkantoran.
Adapun kegiatan yang dilaksanakan dalam PPL meliputi praktik mengajar,
dimana mahasiswa akan berhadapan dengan peserta didik di dalam kelas. Dengan
Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) diharapkan mahasiswa mendapatkan
pengalaman tentang pelaksanaan proses pembelajaran, kependidikan dan mampu
berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan di sekolah.Dengan pengalaman tersebut
mahasiswa mendapatkan bekal guna pengabdiannya di masyarakat kelak sebelum
atau setelah menamatkan pendidikannya di perguruan tinggi.
Secara umum, program-program PPL yang telah direncanakan oleh setiap
mahasiswa dapat berjalan dengan baik, namun dalam pelaksanaannya terdapat
beberapa hambatan yang timbul. Kegiatan PPL berlangsung secara baik, mulai dari
observasi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, proses belajar mengajar hingga
evalusi dan penyusunan laporan. Hambatan yang ada, masih dalam tahap wajar
seperti peserta didikyang sulit dikendalikan, peserta didik kurang kooperatif dalam
mengikuti pelajaran, waktu PPL yang singkat. Akan tetapi, praktikan selalu
berusaha untuk meminimalisir dan mengatasi hambatan yang terjadi, sehingga
program PPL dapat terlaksana dengan baik. Setiap proses demi proses yang dilalui
dalam PPL ini menjadi pembelajaran bagi mahasiswa yang diharapkan dapat
4
memberikan pengalaman yang berharga bagi praktikan untuk lebih meningkatkan
kualitas, terutama dibidang pendidikan.
Saran untuk pihak sekolah agar lebih mengembangkan fasilitas yang
bersangkutan langsung dengan proses pengajaran, serta pengadministrasian yang
lebih tertata. Selanjutnya, bagi pihak UNY supaya pembekalan kepada mahasiswa
PPL terkait dengan proses pembelajaran lebih ditingkatkan.Alfenti Debyan Pratiwi Alfenti Debyan Pratiwi