Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:09:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-07-29T01:32:24Z2019-07-29T01:32:24Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/64812This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/648122019-07-29T01:32:24ZSCRAMSIS GAME (SCRAMBLE KATA SINTAK) INOVASI PERMAINAN EDUKATIF PEMROGRAMAN DASAR UNTUK KELAS X TKJ SMK MUHAMMADIYAH 1 WATESPenelitian ini bertujuan : (1) mengembangkan game Scramsis yang
memuat materi pemrograman dasar untuk siswa kelas X TKJ SMK
Muhammadiyah 1 Wates dan (2) menguji kualitas game Scramsis berdasarkan
pada standar kualitas ISO 25010.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and
Development dengan menggunakan model Waterfall yang meliputi komunikasi,
perencanaan, pemodelan, konstruksi, dan distribusi. Uji kualitas functional
suitability dilakukan oleh 2 orang developer, sedangkan uji usability dilakukan oleh
siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 1 Wates.
Hasil penelitian ini adalah : (1) Game Scramsis memiliki enam menu
utama, yaitu ayo main, cara main, pengaturan, profil, petunjuk, dan keluar.
Scramsis memiliki 3 level yang berbeda tingkat kesulitannya.. Game Scramsis
mendapatkan skor 100% pada uji kualitas functional suitability yang berarti sangat
berkualitas, 100% pada uji kualitas compatibilty yang berarti sangat berkualitas.
Uji perfomance efficiency Scramsis dilihat dari penggunaan CPU dan memori,
rata-rata penggunaan CPU Scramsis sebesar 2.71%, jika dibandingkan dengan
batas CPU yang ditetapkan little eye yaitu 15%, penggunaan ini masih sangat
aman. Penggunaan memori scramsis yaitu sebesar 129 MB dan tidak mengalami
force close. Uji usability dilakukan pada siswa kelas X TKJ SMK Muhammadiyah
1 Wates dan mendapatkan skor 80.02% yang termasuk ke dalam kategori
Berkualitas dan nilai reliabilitas alpha cronbach dari angket uji usability sebesar
0,828 yang berarti baik.Ahmad Muzaki Salman Alfaris