Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:24:23ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-03T01:41:19Z2019-01-30T00:37:06Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22508This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/225082015-07-03T01:41:19ZFAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SERAP
BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR
BANGUNAN GEDUNG DI SMK N 1 SEYEGANFAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SERAP
BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR
BANGUNAN GEDUNG DI SMK N 1 SEYEGAN
Oleh
Aldi Yanuari
NIM. 08505244035
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai faktor-faktor
yang mempengaruhi daya serap belajar siswa dalam mata pelajaran Menggambar
Bangunan Gedung pada jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 1
Seyegan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan
penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XI TGB yang
berjumlah 67 siswa yang merupakan populasi sekaligus sampel penelitian ini.
Variabel yang digunakan dibagi menjadi (1) variabel terikat yaitu variabel daya
serap belajar dan (2) variabel bebas, yaitu variabel faktor internal siswa dan faktor
eksternal siswa. Masing-masing variabel bebas dibagi menjadi beberapa sub
variabel. Adapun metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah
angket. Hasil dari instrumen yang diperoleh kemudian diuji validasi dan
reliabilitas, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis diskriptif dengan
program komputer SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor internal siswa berpengaruh
sebesar 55,25% dan faktor eksternal siswa berpengaruh sebesar 44,75%. Lebih
diperdalam lagi faktor-faktor dari internal siswa meliputi faktor fisiologis
memiliki pengaruh terhadap daya serap belajar siswa sebesar 16,96%; faktor
motivasi sebesar 14,24%; dan faktor keaktifan siswa sebesar 24,05%. Sedangkan
untuk faktor-faktor eksternal siswa meliputi faktor kondisi lingkungan belajar
memiliki pengaruh terhadap daya serap belajar siswa sebesar 15,13%; faktor
media pembelajaran sebesar 14,08%; dan faktor metode pembelajaran sebesar
15,53%. Dapat disimpulkan bahwa faktor keaktifan siswa dari faktor internal
siswa dan faktor metode pembelajaran dari faktor eksternal siswa merupakan
faktor yang paling berpengaruh terhadap daya serap belajar siswa dalam mata
pelajaran Menggambar Bangunan Gedung di SMK N 1 Seyegan.
Kata kunci: daya serap belajar, siswa SMK, mata pelajaran Menggambar
Bangunan GedungYanuari Aldi2012-10-19T03:10:36Z2019-01-29T16:55:20Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6728This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67282012-10-19T03:10:36ZFAKTOR –FAKTOR YANG MEMPENGARUHI DAYA SERAP BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN MENGGAMBAR BANGUNAN GEDUNG DI SMK N1 SEYEGANYanuari Aldi