Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:43:54ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-04-29T03:48:01Z2019-10-01T11:45:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32166This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/321662016-04-29T03:48:01ZLAPORAN INDIVIDU
KEGIATAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
PERIODE 10 AGUSTUS – 12 SEPTEMBER 2015Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta
merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh oleh mahasiswa kependidikan.
Kegiatan PPL merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu
yang bersifat teoretis yang diterima di perkuliahan. Mahasiswa diberikan
kesempatan untuk mengaplikasikan teori-teori tersebut dan sekaligus mencari ilmu
yang bersifat faktual, tidak sekedar teoritis seperti pada saat kegiatan perkuliahan.
Kegiatan PPL dapat bertujuan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai
proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan
sebagai bekal bagi calon tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan,
dan ketrampilan yang digunakan sebagai tenaga pendidik.
SMA Negeri 5 Yogyakarta berlokasi di Jalan Nyi Pembayun 39, Kotagede,
Yogyakarta, merupakan salah satu sekolah yang berada di bawah naungan Dinas
Pendidikan Kota Yogyakarta. Program PPL di SMA Negeri 5 Yogyakarta
dilaksanakan pada tanggal 10 Agustus sampai dengan 12 September 2015. Kegiatan
PPL yang dilakukan meliputi tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksanaan.
Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di kelas selama kegiatan
pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pengajaran
di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan minimal 4 kali
pertemuan, namun praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di kelas
sebanyak 8x untuk 3 kelas. yaitu kelas XI IPS 3, XI CI dan XII IPS 3. Metode yang
7
digunakan dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah,
permainan, dan cooperative learning. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran
digunakan beberapa media, antara lain alat praktikum. Banyak kendala dan
hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun
ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena
peserta didik sangat aktif dan antusias dalam praktikum sehingga segera melakukan
praktikum tanpa memperhatikan petunjuk dari guru. Namun, hal ini merupakan suatu
kenyataan bahwa anak usia SMA memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal
ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan
gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.
Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung terlaksananya
program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PPL ini
diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.
Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi
mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Yogyakarta untuk turut
berkontribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah
tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan
mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNY
diharapkan dapat membuat perubahan-perubahan sebagai upaya memajukan
pendidikan Indonesia.Albyan Widya Pratama Albyan Widya Pratama