Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:30:49ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-08-03T06:17:23Z2019-10-01T11:56:02Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/38511This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/385112016-08-03T06:17:23ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
DI SMP NEGERI 4 GAMPING
Dusun Kalimanjung, Abarketawang, Gamping, Sleman
Semester Khusus Tahun Akademik 2014/2015
2 Juli – 17 September 2014Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan kesempatan bagi
mahasiswa untuk mempraktekkan ilmu yang bersifat teoretis yang telah diterima di
perkuliahan. Pada saat PPL ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk
mengaplikasikan teori-teori tersebut sekaligus mencari ilmu yang bersifat faktual,
tidak sekedar teoritis seperti pada saat di perkuliahan. Kegiatan PPL bertujuan
untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan
kegiatan dalam lingkungan sekolah yang digunakan sebagai bekal bagi calon tenaga
pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang digunakan
sebagai tenaga pendidik.
Kegiatan PPL ini dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di
Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) untuk melaksanakan pembelajaran PPL
langsung di lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini
adalah SMP N 4 Gamping, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 2 Juli 2014 hingga
tanggal 17 September 2014. Pelaksanaan PPL ini dilakukan dengan mengajar di
kelas selama kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut sesuai jadwal yang sudah
ditentukan. Pengajaran di kelas pada kegiatan PPL ini diharapkan dapat dilakukan
minimal delapan kali pertemuan, praktikan dapat melakukan kegiatan pengajaran di
empat kelas. yaitu kelas VIII C, VIII D, VIII E dan VIII F. Metode yang digunakan
dalam pengajaran di kelas antara lain, diskusi, tanya jawab, ceramah, game
sambung kata dan presentasi. Untuk mendukung kegiatan pembelajaran digunakan
beberapa media, antara lain alat praktikum serta LKS. Banyak kendala dan
hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun
ekstern, di antaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena
peserta didik sangat aktif dan antusias dalam praktikum sehingga segera melakukan
praktikum tanpa memperhatikan petunjuk dari guru. Namun, hal ini merupakan
vi
suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu,
dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik.
Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman
dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di
sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan disiplin akan sangat mendukung
terlaksananya program-program PPL dengan sukses. Dengan terselesaikannya
kegiatan PPL ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan
berkualitas.Alan Novendra Junaedi Alan Novendra Junaedi