Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:36:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-17T01:49:56Z2019-01-30T09:41:10Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34935This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/349352016-06-17T01:49:56ZDAYA SERAP SISWA SMK NEGERI
DI KOTA YOGYAKARTA
PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYADAYA SERAP SISWA SMK NEGERI
DI KOTA YOGYAKARTA
PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA
Oleh
Alami Pratiwi
NIM 10505247004
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa tinggi daya serap
siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran
Biaya; (2) mengetahui minat belajar siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada
mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya; (3) mengetahui kinerja guru dalam
pembelajaran mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya di SMK Negeri Kota
Yogyakarta; dan (4) mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan kinerja guru
dalam pembelajaran terhadap daya serap siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta
pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya.
Penelitian ini merupakan penilitian Ex Post Facto dengan populasi siswa
kelas XI dan kelas XII SMK Negeri 2 Yogyakarta kompetensi keahlian Gambar
Bangunan, serta siswa kelas XI kompetensi keahlian Konstruksi Kayu dan
kompetensi keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Sampel
dalam penelitian ini sebanyak 149 orang. Pengumpulan data daya serap siswa
dilakukan dengan dokumentasi nilai ujian semester genap dari guru pengampu,
sedangkan untuk mengetahui minat belajar siswa dan kinerja guru dalam
pembelajaran dilakukan menggunakan kuesioner/angket. Uji validitas instrumen
faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap melalui uji validitas logis, yakni
melalui Expert Judgement (penelaahan isi oleh pakar) dan uji validitas empiris
yakni analisis butir. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha
Cronbach. Indeks reliabilitas minat belajar siswa dan kinerja guru dalam
pembelajaran sebesar 0,913.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap siswa SMK Negeri di
Kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya berada pada
tingkat keberhasilan kurang, yaitu sebesar 74,36. Untuk minat belajar siswa dan
kinerja guru dalam pembelajaran mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya di
SMK Negeri Kota Yogyakarta, sama-sama berada pada kategori kuat. Meskipun
demikian kinerja guru dalam pembelajaran lebih kuat dibanding dengan minat
belajar siswa, yaitu sebesar 69,33%. Sedangkan minat belajar siswa sebesar
68,78%. Sumbangan efektif yang diperoleh dari minat belajar siswa sebesar 6,4%,
kinerja guru dalam pembelajaran 5,8%, dan 87,8% yang dipengaruhi oleh
variabel-variabel lain yang tidak dibahas dan tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci : daya serap siswa, rencana anggaran biayaPratiwi Alami2013-05-17T01:21:33Z2019-01-29T18:40:01Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10448This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/104482013-05-17T01:21:33ZDAYA SERAP SISWA SMK NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui seberapa tinggi daya serap siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya; (2) mengetahui minat belajar siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya; (3) mengetahui kinerja guru dalam pembelajaran mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya di SMK Negeri Kota Yogyakarta; dan (4) mengetahui pengaruh minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran terhadap daya serap siswa SMK Negeri di kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya.
Penelitian ini merupakan penilitian Ex Post Facto dengan populasi siswa kelas XI dan kelas XII SMK Negeri 2 Yogyakarta kompetensi keahlian Gambar Bangunan, serta siswa kelas XI kompetensi keahlian Konstruksi Kayu dan kompetensi keahlian Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 149 orang. Pengumpulan data daya serap siswa dilakukan dengan dokumentasi nilai ujian semester genap dari guru pengampu, sedangkan untuk mengetahui minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran dilakukan menggunakan kuesioner/angket. Uji validitas instrumen faktor-faktor yang mempengaruhi daya serap melalui uji validitas logis, yakni melalui Expert Judgement (penelaahan isi oleh pakar) dan uji validitas empiris yakni analisis butir. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Indeks reliabilitas minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 0,913.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya serap siswa SMK Negeri di Kota Yogyakarta pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya berada pada tingkat keberhasilan kurang, yaitu sebesar 74,36. Untuk minat belajar siswa dan kinerja guru dalam pembelajaran mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya di SMK Negeri Kota Yogyakarta, sama-sama berada pada kategori kuat. Meskipun demikian kinerja guru dalam pembelajaran lebih kuat dibanding dengan minat belajar siswa, yaitu sebesar 69,33%. Sedangkan minat belajar siswa sebesar 68,78%. Sumbangan efektif yang diperoleh dari minat belajar siswa sebesar 6,4%, kinerja guru dalam pembelajaran 5,8%, dan 87,8% yang dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dan tidak diteliti pada penelitian ini.
Pratiwi Alami