Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:12:13ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-28T01:27:10Z2019-10-01T11:45:36Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/35506This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/355062016-06-28T01:27:10ZLAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II (PPL II)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
LOKASI:
SD NEGERI PAKEM 1Tujuan dari kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) adalah
memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam bidang pembelajaran di sekolah
dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan
yang berguna untuk mengembangkan kompetensi pedagogik; memberikan
kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal, mempelajari dan menghayati
permasalahan sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran; meningkatkan
kemampuan mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang
telah dikuasai secara interdisipliner ke dalam pembelajaran di sekolah, klub atau
lembaga pendidikan. Diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi
mengajar mahasiswa sebagai calon guru/ pendidik atau tenaga kependidikan.
SD Negeri Pakem 1 merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh
Universitas Negeri Yogyakarta untuk menjadi lokasi PPL pada tahun pelajaran 2015/
2016. Adapun program kegiatan PPL yang dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1
adalah praktik mengajar dan non mengajar yang dilaksanakan mulai tanggal 10
Agustus sampai 12 September 2015. Langkah yang dilakukan dalam kegiatan PPL
yaitu mahasiswa melakukan observasi pembelajaran di kelas, konsultasi kepada guru
kelas, konsultasi kepada guru pembimbing, membuat Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), serta menyiapkan media yang sesuai dengan bahan ajar dan
karakteristik siswa. Praktik mengajar dilaksanakan di kelas rendah dan kelas tinggi,
yakni kelas 1, 2, 3, 4, dan 5. Pelaksanaan kegiatan PPL terdiri dari 5 kali praktik
mengajar terbimbing dan 2 kali ujian praktik mengajar. Untuk mendukung
pelaksanaan kegiatan PPL, penyusun membuat Media Pembelajaran Big Book
Tematik Kelas Rendah dengan Tema “Tubuhku”, Media Pembelajaran Big Book
Story, Media Pembelajaran Poster Penampang Mata Dalam dan Mata Luar, Media
Pembelajaran Side Animasi untuk Materi “Struktur Akar dan Fungsinya”. Praktikan
juga membuat 2 buah papan bimbingan yaitu, Papan Bimbingan 6 Langkah Mencuci
Tangan Menurut Standar WHO serta Papan Bimbingan Tips Memilih Jajanan yang
Sehat.
Dari pelaksanaan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan II (PPL II) yang
dilaksanakan di SD Negeri Pakem 1 dapat disimpulkan bahwa kegiatan PPL dapat
memberikan pengalaman belajar bagi mahasiswa terutama dalam hal pengalaman
mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang
diperlukan dalam bidang kependidikan, peningkatan keterampilan, kemandirian,
tanggung jawab, berlatih untuk berpikir cepat, dan kemampuan dalam memecahkan
permasalahan dengan solusi yang tepat. Selain itu dapat memberikan kesempatan
kepada mahasiswa untuk menerapkan ilmu, pengetahuan, dan keterampilan yang
telah dipelajari dalam kehidupan nyata di sekolah, serta dapat meningkatkan
hubungan kemitraan yang baik antara UNY dengan sekolah yang terkait.Akhmad Rofii’ Uddin Akhmad Rofii’ Uddin