Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:25:31ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-05-02T01:37:39Z2019-01-30T07:36:51Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/32205This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/322052016-05-02T01:37:39ZHUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI PROGRAM
KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK
TERHADAP PRESTASI BELAJAR AUTOCAD KELAS XI PROGRAM
KEAHLIAN GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 3
YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/ 2015
Oleh:
Akhmad Syaiful Adnan
NIM. 08505241014
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar
mata pelajaran gambar teknik terhadap prestasi belajar menggambar dengan
perangkat lunak dengan bantuan program AutoCAD pada siswa kelas XI Teknik
Gambar Bangunan di SMKN 3 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi berjumlah
84 siswa diambil dari seluruh populasi siswa kelas XI program studi gambar
bangunan tahun ajaran 2014/ 2015. Pengambilan data variabel prestasi belajar
gambar teknik menggunakan metode dokumentasi nilai raport semester 1 dan
variabel prestasi belajar autocad dengan dokumentasi nilai raport semester 2.
Pengujian hipotesis dengan analisis korelasi produk momen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan yang positif dan
signifikan antara prestasi belajar gambar teknik dengan prestasi belajar autoCAD,
dengan dibuktikan koefisien korelasi rhitung > rtabel (0,54 > 0,2144).
Kata kunci: AutoCAD, Gambar Teknik, Prestasi Belajar.Syaiful Adnan Akhmad