Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:48:36ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-02T04:42:30Z2019-01-30T00:34:49Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22418This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/224182015-07-02T04:42:30ZUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN
MEDIA MODUL PADA MATA PELAJARAN KERJA LAS
DI SMK NEGERI 2 KEBUMENUPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR
MEDIA MODUL PADA
Penelitian ini bertujuan u
terhadap motivasi belajar siswa
mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa
mata pelajaran kerja las
Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian
experiment, yang pelaksanaannya menggunakan jenis
desain nonequivalent control group design
Kebumen dengan sampel 2 kelas yaitu
eksperimen, kelas XI TP 2
belajar pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan angket. Sedangkan
untuk mengetahui prestasi belajar p
dilaksanakan sebelum dan setelah proses pembelajaran (
Proses kegiatan belajar mengajar kelas
yang berjudul Mengelas d
menggunakan strategi pembelajaran
Hasil penelitian
motivasi belajar siswa di
hasil angket motivasi keseluruhan siswa
dengan jawaban “YA” sebanyak 25
prestasi belajar siswa adalah meningkatkan hasil belajar. Terbukti dari hasil
belajar kelas ekperimen pada
tertinggi 69, dan nilai terendah 34
83, modus 83, nilai tertinggi 97
independent sample test
thitung (1,669 < 3,619).
antara hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media modul
kontrol pembelajaran secara
.
Kata Kunci : Media Modul
vii
SISWA DENGAN
MATA PELAJARAN KERJA LAS
DI SMK NEGERI 2 KEBUMEN
Oleh :
Akhmad Muzani
11503247022
ABSTRAK
untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul
pada mata pelajaran kerja las. Sekaligus u
di SMK Negeri 2 Kebumen.
quasi experiment
design. Penelitian dilakukan di SMK
kelas XI TP 1 sebagai kelompok
I sebagai kelompok kontrol. Untuk mengetahui motivasi
pengumpulan data berupa hasil tes yang
pretest dan
eksperimen dengan menggunakan
dengan Proses SMAW, sedangkan kelas
i ceramah (konvensional).
menunjukan bahwa pengaruh penggunaan modul terhadap
dikategorikan sangat tinggi/sangat positif. Terbukti dari
mean adalah 90,41dan hasil
25. Pengaruh penggunaan modul terhadap
pretest, mean 52, median 52,5, modus
34. Setelah menggunakan modul mean 83,
97, dan nilai terendah 60. Perhitungan uji
dengan taraf kesalahan 5% menunjukan bahwa
Diputuskan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan
dengan kelas
konvensional.
Modul, Kerja Las, Motivasi dan Prestasi Belajar
aligus untuk
pada
dengan
Negeri 2
posttest).
modul
kontrol
. observasi
, 46, nilai
median
t
ttabel <
erdapatMuzani Akhmad