Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T11:11:53ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2019-10-14T02:13:57Z2019-10-14T02:13:57Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66119This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/661192019-10-14T02:13:57ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TKRO PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN (PMKR) DI SMK N 2 YOGYAKARTAPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI
TKR 3 pada mata pelajaran PMKR di SMK N 2 Yogyakarta melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD).
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pengambilan data
penelitian dilakukan pada 15 Juli – 15 Agustus 2019 di SMK N 2 Yogyakarta.
Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing – masing siklus terdiri dari 1
kali pertemuan. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XII TKR 3 pada mata
pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) semester ganjil tahun
ajaran 2019/2020 dengan jumlah 31 siswa. Pengambilan data melalui tes dan
observasi. Pengolahan data dilakukan secara kuantitatif dengan melihat
pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Divison (STAD) dan hasil belajar. Kriteria keberhasilan yang ditentukan adalah
75% siswa mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) dengan nilai minimal
76,00.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Divison (STAD) mampu
meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR 3 pada mata pelajaran PMKR di
SMK N 2 Yogyakarta. Rata – rata hasil belajar siswa meningkat dari data sebelum
tindakan 59,58 menjadi 88,52 pada siklus II. Apabila melihat ketuntasannya dari
data awal presentase ketuntasan siswa 3,20% meningkat menjadi 90,30%.Faisal Akhmad