Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:31:18ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-07-02T04:33:33Z2019-01-30T00:34:38Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22411This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/224112015-07-02T04:33:33ZPENGARUH KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS
TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA PADA MATA
PELAJARAN PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK
DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTAPENGARUH KECERDASAN SPASIAL DAN KECERDASAN MATEMATIS
TERHADAP KEMAMPUAN MENGGAMBAR TEKNIK SISWA PADA MATA
PELAJARAN PEMBACAAN DAN PEMAHAMAN GAMBAR TEKNIK
DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Oleh
Akhmad Aziz Hababa
NIM. 07504241034
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan kecerdasan spasial,
kecerdasan matematis dan kemampuan menggambar teknik siswa. (2)
Mengetahui pengaruh kecerdasan spasial terhadap kemampuan menggambar
teknik siswa. (3) Mengetahui pengaruh kecerdasan matematis terhadap
kemampuan menggambar teknik siswa.
Jenis penelitian ini berdasakan tingkat eksplanasinya tergolong pada jenis
penelitian deskriptif kuantitatif dan komparatif. Populasi pada penelitian ini adalah
siswa kelas X program keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 3
Yogyakarta sebanyak 128 siswa. Teknik Random Sampling digunakan untuk
mengambil sampel penelitian yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan instrumen Tes Kecerdasan Spasial, Tes Kecerdasan Matematis
dan Daftar Inventaris Nilai PPGT. Pengujian validitas isi tes kecerdasan
menggunakan pendapat para ahli. Analisis butir soal menggunakan analisis tingkat
kesukaran dan uji daya beda. Reliabilitas tes dihitung dengan rumus alpha
chroncbach. Perhitungan menggunakan bantuan program komputer ITEMAN versi
3.00. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden yang diambil secara acak.
Teknik analisis data menggunakan analisis uji-t dengan sampel independen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Sebagian besar kondisi kecerdasan
spasial, kecerdasan matematis dan kemampuan menggambar teknik siswa
berada pada taraf sedang. (2) Siswa yang kecerdasan spasialnya di atas rata-rata
mempunyai rata-rata kemampuan menggambar teknik yang lebih tinggi
dibandingkan siswa yang kecerdasan spasialnya di bawah rata-rata, dengan thitung
11,052 dan probabilitas 0,000 (<0,05). Sehingga kecerdasan spasial memberikan
pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menggambar teknik. (3) Siswa
yang kecerdasan matematisnya di atas rata-rata mempunyai rata-rata
kemampuan menggambar teknik yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang
kecerdasan matematisnya di bawah rata-rata, dengan thitung 7,845 dan probabilitas
0,000 (<0,05). Sehingga kecerdasan matematis memberikan pengaruh yang
signifikan terhadap kemampuan menggambar teknik.
Kata kunci: kecerdasan, spasial, matematis, menggambar teknik.Aziz Hababa Akhmad