Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:03:47ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2015-06-26T01:01:25Z2019-01-30T00:03:07Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21440This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/214402015-06-26T01:01:25ZPENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MATA KULIAH
INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA
PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKANPenelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk
multimedia interaktif mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer bagi
mahasiswa program studi Teknologi Pendidikan sebagai media pembelajaran
yang layak. Penelitian dilaksanakan dengan adaptasi dari model penelitian
pengembangan Borg & Gall. Tahapan tersebut yaitu tahap studi pendahuluan
meliputi studi pustaka dan studi lapangan. Tahap pengembangan produk meliputi
perencanaan, mendesain prototype, memproduksi multimedia, dan validasi ahli.
Tahap uji coba produk meliputi uji coba satu- satu, kelompok kecil dan kelompok
besar. Subjek uji coba mahasiswa prodi TP semester 4. Data dikumpulkan melalui
angket dan observasi, hasil penelitian dianalisis dengan analisi deskriptif
kuantitatif.
Produk multimedia interaktif mata kuliah IMK yang dihasilkan memiliki
karakteristik sebagai berikut: a) Strategi penyajian menggunakan metode
branching (acak) dan linier (berurutan); b) Materi disajikan secara tekstual dan
visual (video tutorial); c) Materi pembelajaran mencakup Pengenalan software
antarmuka Adobe Flash CS3, langkah instalasi, workspace, menggambar objek,
membuat objek dengan warna, membuat object grafis, symbol, teks, animasi,
spesial efek, audio / sound, video, e-learning konten, flash screen, format
publikasi, perintah action script 2.0, action script component; d) Materi yang
dikembangkan sesuai dengan kondisi pemahaman kognitif pebelajar; e) Dapat
digunakan sesuai keinginan pebelajar, misal dalam pembelajaran mandiri, f)
Gagasan-gagasan secara umum disajikan secara realistik dalam konteks
pengalaman pebelajar, relevan dengan kondisi belajar, dan di bawah kendali
pebelajar. Penyajian materi dengan konten animasi, visualisasi dan interaktivitas
yang menarik dikembangkan untuk memotivasi pembelajaran. g) Bahan belajar
multimedia menggunakan perangkat CD interaktif dimana menunjukkan
interaktifitas pebelajar yang tinggi.
Hasil penelitian menunjukan multimedia interaktif ini telah memenuhi
kelayakan dari aspek materi, media dan pengguna. Penilaian akhir dari aspek
materi didapat skor 3,70 dengan kriteria layak. Penilaian akhir dari aspek media
didapat skor 4,10 dengan kriteria layak. Penilaian hasil uji coba kelompok besar
didapat skor 3,61 dengan kriteria layak. Hasil tersebut menjadikan multimedia
interaktif ini layak sebagai sumber belajar mata kuliah IMK bagi mahasiswa prodi
TP FIP UNY.Akhmad Akbarudin