Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:33:59ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-06-14T06:32:10Z2019-10-01T11:45:34Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/34558This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/345582016-06-14T06:32:10ZLAPORAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTAProgram PPL/ Magang III adalah program kegiatan Praktik Pengalaman
Lapangan (PPL) / Magang III yang bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata
kepada praktikkan dalam bidang pembelajaran dana managerial di sekolah dalam
rangka membentuk, melatih, dan mengembangkan individu yang berkarakter dan
professional di bidangnya. Kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) kami
laksanakan di SD Negeri 3 Pengasih sebagai salah satu sekolah yang ditunjuk oleh
pihak UNY untuk menjadi lokasi PPL pada tahun 2015.
Dalam pelaksanaan PPL ini, mahasiswa (penulis) berkesempatan untuk
melakukan kegiatan belajar mengajar di kelas II, VI, V, III, I. kurikulum yang
digunakan di SD Negeri 3 Pengasih adalah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP), sehingga penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) disesuaikan
dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada KTSP. Metode
pembelajaran yang digunakan adalah demonstrasi, praktik, komando, diskusi.
Sedangkan media pembelajaran yang digunakan adalah contoh orang sesungguhnya.
Peralatan yang digunakan antara lain bola, kun, simpai dan peralatan olahraga
lainnya. Dalam ketentuan PPL mahasiswa praktikan diwajibkan mengajar minimal 4
kali tatap muka, namun pada pelaksanaannya mahasiswa praktikan tampil sebanyak 5
kali tatap muka, dengan alokasi waktu setiap pertemuan adalah 4 x 35 menit
Hasil dari pelaksanaan PPL di SD Negeri 3 Pengasih terdiri atas PPL
terbimbing yang terlaksana sebanyak 3 kali, dan praktek mengajar mandiri sebanyak
2 satu kali. Dalam pelaksanaan kegiatan PPL yang kami laksanakan pada umumnya
berjalan dengan baik, lancar, dan dapat menerapkan semua kompetensi yang
dibutuhkan oleh tenaga pendidik khususnya dibidang pendidikan jasmani agar
nantinya dapat menjadi pendidik yang professional.Akbar Ali Pratama Akbar Ali Pratama