Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:25:51ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2016-09-20T01:33:51Z2019-01-30T11:00:44Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41469This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/414692016-09-20T01:33:51ZPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS
MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES
TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTAPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS
MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES
TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Oleh:
Arizona Ajiputra
NIM.12503241010
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar
siswa kelas XI TP 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan pembelajaran
kooperati tipe TGT. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman teori frais siswa
kelas XI TP1 SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TG. (3) Mengetahui tingkat respon siswa SMK dalam penerapan
pembelajaran kooperatif tipe TGT, sehingga dapat menjadi acuan dalam proses
pembelajaran yang lain.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan setiap siklusnya
terdiri dari satu pertemuan. langkah pembelajarannya meliputi perencanaan
(planning), pelaksanaan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Subjek
penelitian berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, penilaian hasil belajar, dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian
mengunakan teknik analisis deskriptif. Validitas instrumen dalam penelitian ini
menggunakan validitas isi (content validity) dengan menggunakan pendapat dari
ahli (judgenemt expert).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran.
Cara yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan
memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Melaksanakan
kegiatan games dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling
terbaik pada akhir pelajaran dapat membuat siswa terpacu atau terdorong untuk
menjadi yang terbaik. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Indek
Rerata Motivasi Komulatif (IRMK) siklus I sebesar 3.53 (baik), siklus II sebesar
3.81 (baik), siklus III sebesar 3.91 (baik). (2) Rerata evaluasi/nilai teori frais
siklus I sebesar 76.79 (tidak tuntas), siklus II sebesar 82.02 (tuntas), dan siklus
III sebesar 90.15 (tuntas). (3). Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif
tipe TGT diperoleh siklus I sebesar 80.27% (baik), siklus II sebesar 82.10%
(baik), dan siklus III sebesar 83.70% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa motivasi belajar dan nilai teori frais siswa mengalami peningkatan
dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT, serta
memperoleh respon baik dari siswa.
Kata kunci : Motivasi belajar, Nilai Teori, Respon Siswa, Teams Games
Tournament (TGT), Teori FraisArizona Ajiputra2016-09-08T01:46:25Z2019-01-30T10:55:54Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/41206This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/412062016-09-08T01:46:25ZPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS
MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES
TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTAPENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN TEORI FRAIS
MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES
TOURNMENT (TGT) DI KELAS XI TP 1 SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA
Oleh:
Arizona Ajiputra
NIM.12503241010
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui peningkatan motivasi belajar
siswa kelas XI TP 1 SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan pembelajaran
kooperati tipe TGT. (2) Mengetahui peningkatan pemahaman teori frais siswa
kelas XI TP1 SMK Negeri 2 Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran
kooperatif tipe TG. (3) Mengetahui tingkat respon siswa SMK dalam penerapan
pembelajaran kooperatif tipe TGT, sehingga dapat menjadi acuan dalam proses
pembelajaran yang lain.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action
research). Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus dan setiap siklusnya
terdiri dari satu pertemuan. langkah pembelajarannya meliputi perencanaan
(planning), pelaksanaan (act), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Subjek
penelitian berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode
observasi, penilaian hasil belajar, dan dokumentasi. Pengolahan data penelitian
mengunakan teknik analisis deskriptif. Validitas instrumen dalam penelitian ini
menggunakan validitas isi (content validity) dengan menggunakan pendapat dari
ahli (judgenemt expert).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe
TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran.
Cara yang digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan
memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran. Melaksanakan
kegiatan games dan memberikan penghargaan kepada kelompok yang paling
terbaik pada akhir pelajaran dapat membuat siswa terpacu atau terdorong untuk
menjadi yang terbaik. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: (1) Indek
Rerata Motivasi Komulatif (IRMK) siklus I sebesar 3.53 (baik), siklus II sebesar
3.81 (baik), siklus III sebesar 3.91 (baik). (2) Rerata evaluasi/nilai teori frais
siklus I sebesar 76.79 (tidak tuntas), siklus II sebesar 82.02 (tuntas), dan siklus
III sebesar 90.15 (tuntas). (3). Respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif
tipe TGT diperoleh siklus I sebesar 80.27% (baik), siklus II sebesar 82.10%
(baik), dan siklus III sebesar 83.70% (baik). Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa motivasi belajar dan nilai teori frais siswa mengalami peningkatan
dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT, serta
memperoleh respon baik dari siswa.
Kata kunci : Motivasi belajar, Nilai Teori, Respon Siswa, Teams Games
Tournament (TGT), Teori FraisArizona Ajiputra