Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T10:22:52ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2018-02-05T06:28:29Z2019-01-30T15:55:42Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/55350This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/553502018-02-05T06:28:29ZPERANCANGAN MEDIA PROMOSI
WISATA ALAM GUNUNG SIKUNIR WONOSOBOTujuan dari perancangan media promosi ini adalah untuk mempromosikan
daerah pariwisata Sikunir yang ada di kawasan Dieng Wonosobo, selama ini
desain dari media promosi yang ada pada objek pariwisata Desa Sikunir Dieng
bisa dikatakan masih kurang baik dalam penggarapannya, kemudian dengan
adanya perancangan media promosi ini dapat menjadi sesuatu yang baru dan
sarana untuk meningkatkan daya jual.
Perancangan media promosi ini melalui beberapa fase yaitu: tahapan
pengumpulan data, baik data verbal maupun visual dengan teknik observasi
lapangan dan dokumentasi, Proses dimulai dengan pengambilan data di lapangan.
Kemudian tahap selanjutnya menggunakan analisis-analisis data-data, baik
konsep, isi, maupun media. Perancangan desain kreatif melalui empat tahapan
yaitu idea layout, rough layout, comprehensive layout, dan final design. Proses
yang terakhir adalah dicetak sebagai penyajiannya.
Konsep awal adalah menonjolkan sunrise Sikunir dengan fotografi
sebagai konsep dalam rancangan media promosi. membuat desain yang sederhana
dengan bentuk vektor-vektor dalam bentuk logo dan tagline, menggunakan warna
utama kuning, oranye, putih dan hitam yang sengaja dipilih dari bentuk sunrise
puncak Sikunir agar mendukung dari tema pariwisatanya. Hasil dari perancangan
berupa media utama yaitu poster, sedangkan media penunjang yaitu spanduk, x-
banner, peta, penunjuk arah, tiket masuk, mug, stiker dan gantungan kunci.Dwi Putra Aji Nugrohodwiputraaji@gmail.com