Lumbung Pustaka UNY: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:21:55ZEPrintshttp://eprints.uny.ac.id/apw_template/images/sitelogo.pnghttps://eprints.uny.ac.id/2017-08-02T04:26:05Z2019-01-30T14:41:28Zhttp://eprints.uny.ac.id/id/eprint/51327This item is in the repository with the URL: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/513272017-08-02T04:26:05ZEFEKTIVITAS
PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK
DITINJAU DARI PEMAHAMAN KONSEP
PAD SISWA SMP KELAS VIIIPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika Realistik ditinjau dari
pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Sleman. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui apakah pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran langsung
ditinjau dari pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment)
dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian
mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman yang berjumlah 125
siswa. Kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan
pembelajaran pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dan kelas VIII B
sebagai kelas kontrol yang mendapatkan perlakuan pembelajaran langsung.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes untuk
mengukur kemampuan pemahaman konsep siswa yang terdiri dari soal pretest dan
posttest, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Untuk mengetahui
efektivitas pendekatan Pendidikan Matematika Realistik, data dianalisis
menggunakan statistik uji One Sample t-Test dengan taraf signifikansi pada
data skor gain, sedangkan untuk mengetahui apakah pendekatan Pendidikan
Matematika Realistik lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung, data skor
gain dianalisis menggunakan statistik uji Independent Sample t-Test dengan taraf
signifikansi .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika melalui
pendekatan Pendidikan Matematika Realistik efektif ditinjau dari pencapaian
peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sleman; 2)
pembelajaran matematika melalui pembelajaran langsung efektif ditinjau dari
pencapaian peningkatan pemahaman konsep pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Sleman; 3) pembelajaran matematika melalui pendekatan Pendidikan Matematika
Realistik lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika melalui
pembelajaran langsung.
Kata kunci: Pendidikan Matematika Realistik, pemahaman konsep, pembelajaran
langsungArina Fauzia AinaniSugiman SugimanFitriana Yuli Saptaningtyas